Tanah Lot Bali, Destinasi Wisata Unggulan di Bali

Tanah Lot Bali

Tanah Lot Bali

Selalu ada cerita indah jika berbicara tentang Bali. Ratusan destinasi menjadi daya tarik jutaan manusia dari seluruh dunia berbondong-bondong menjadikannya sebagai tujuan wisata hingga rumah kedua mereka. Keindahan pantai, hijaunya sawah, gagahnya bukit dan gunung, cantiknya air terjun, uniknya budaya hingga gemerlapnya dunia malam membuat banyak yang cinta dengan pulau Dewata. Salah satu destinasi wisata yang wajib ketika berlibur di Bali ialah pura Tanah Lot yang berada di kabupaten Tabanan. Pura ini merupakan pura yang sangat disucikan masyarakat Bali. Pura ini terletak di atas karang di tepi laut dan ketika air laut pasang pura ini menjadi di atas laut persis. Maka tak heran jika Pura Tanah Lot menjadi salah satu wisata unggulannya pulau Bali.

Lokasi dan Akses Menuju Pura Tanah Lot

Pura ini terletak di Pantai Pandawa terletak sekitar 22 km dari area Kuta. Untuk alamat tepatnya berada di Beraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82121. Untuk akses menuju ke objek wisata ini bisa kalian tempuh menggunakan kendaraan pribadi atau umum karena akses jalan yang mudah dan bagus. Selain itu kawasan wisata ini juga mempunyai fasilitas lengkap mulai dari parkiran yang luas, toilet, restoran, toko souvenir, penginapan dan pelayanan kesehatan. Maka dari itu kalian tak perlu khawatir bila ingin menginap di dekat objek wisata ini,

Untuk memasuki objek wisata, wisatawan harus membayar biaya tiket masuk sebesar IDR20.000 untuk orang dewasa dan IDR15.000 untuk anak-anak. Untuk biaya parkirnya IDR2.000 untuk motor, IDR5.000 untuk mobil dan IDR10.000 untuk bus. Harga di atas merupakan untuk wisawatawan domestik ya guys dan untuk wisatawan mancanegara aku kurang tau dan harga juga bisa berubah sewaktu-waktu.

Keindahan Pura Tanah Lot di Bali

Setelah memarkirkan kendaraan dan membayar tiket masuk aku mulai berjalan menuju lokasi pura. di sepanjang jalan menuju pura banyak penjual baju-baju, souvenir, restoran, makanan ringan, hingga lukisan-lukisan seniman Bali. Ada juga kutemui seorang pengamen memainkan lagu khas Bali. Mendekati area pantai aku melewati gapura besar yang begitu megah dan sudah banyak wisatawan juga yang berfoto di gapura tersebut.

Sesampainya di pura Tanah Lot mataku langsung tertuju pada keindahan batu karang di tengah laut yang di atasnya berdiri dengan kokoh sebuah pura. Banyak pula wisatawan baik domestik maupun mancanegara turun mendekati pura karena air laut sedang surut waktu itu. Semua orang sibuk untuk mengabadikan indahnya ciptaan Tuhan ini begitupun dengan aku. Karena peraturan maka untuk wisatawan dilarang untuk memasuki area pura karena hanya dikhususkan bagi umat Hindu. Namun memotret keindahan pura ini dari bawah sudah cukup bagiku.

Di Tanah Lot ini sebenarnya ada beberapa pura guys yakni pura Tanah Lot, Pekendungan, Batu Bolong, Jero Kandang, Enjung Galuh, dan Batu Mejan. Selain pura Tanah Lot aku juga berkeliling di sekitaran area wisata dan salah satunya di pura Batu Bolong. Pura Batu Bolong terletak tidak jauh dari pura Tanah Lot hanya sekitar 200 m. Pura ini tidak kalah indah dan unik, terletak di atas karang yang bolong bagian bawahnya namun masih terhubung di bagian atasnya.

pura batu bolong

Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Tanah Lot

Karena secara geografis Tanah Lot menghadap ke barat jadi waktu yang tepat untuk mengunjunginya ialah pada sore hari waktu matahari terbenam alias sunset. Selain itu pilihlah waktu dimana air laut sedang surut sehingga kalian bisa lebih dekat untuk ke pura Tanah Lot nya. Satu lagi karena pura ini merupakan tempat peribadatan kaum Hindu maka di beberapa waktu juga berlangsung upacara keagamaan umat Hindu.

Sekian ceritaku mengunjungi wisata Tanah Lot di Tabanan, Bali. Semoga pariwisata Indonesia bisa bangkit melawan pandemi dan kehidupan berjalan normal bahkan lebih baik lagi. We travel not to escape life but for life not to escape us.. 🙂

Follow my another article, thank you..

Baca juga : Pura Ulundanu Bedugul, Keindahan Pura di Tepi Danau Beratan Bali

Tanah Lot, Tabanan, Bali

Buka : Setiap Hari / 06.00 – 19.00 WITA

Alamat : Beraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82121 / Google Maps

Penilaian dan Ulasan Tripadvisor

Peringkat: 4 dari 5.

follow and subscribe my social media :

Artikel yang Direkomendasikan

3 Komentar

  1. Bali selalu memberi kenangan indah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *