Pulau Sempu, Surga Tersembunyi di Malang

Pulau Sempu Kabupaten Malang

Pulau Sempu Malang Selatan

Kabupaten Malang di Jawa Timur memang terkenal akan pariwisatanya yang sangat banyak. Mulai dari wisata pegunungan hingga pantai ada di Kabupaten satu ini. Wilayahnya yang luas membuat Kabupaten Malang memiliki daerah goegrafis dataran rendah hingga dataran tinggi. Maka tak heran jika Malang sering disebut dengan kota wisata. Nah kali ini aku mau mengulik tentang salah satu spot wisata terbaik di Malang yang pernah aku kunjungi tahun 2015 lalu dan kini telah menjadi Cagar Alam. Tempat ini ialah Pulau Sempu dengan Segara Anakan di dalamnya.

Pulau Sempu ini merupakan Cagar Alam di Kabupaten Malang dibawah naugan BKSDA Jawa Timur. Pada dasarnya pulau ini dilarang untuk dikunjungi selain untuk riset dan penelitian, itupun setelah mendapat izin dari pihak yang berwenang. Namun warga lokal serta banyak agen wisata di daerah Malang sering menyediakan jasa wisata ke pulau satu ini. Aku pun tahun 2015 lalu pada awalnya juga tak tahu jika pulau ini merupakan Cagar Alam, namun waktu itu pihak pengelola di sekitar pantai Sendang Biru menyediakan jasa menuju ke Pulau Sempu meliputi penyeberangan dengan perahu serta guide 1 orang menuju ke pantai Segara Anakan yang berada di pulau tersebut.

Baca Juga : Air Terjun Grobogan Sewu, Spot Lain Pantai Pelang

Lokasi Pulau Sempu dan Segara Anakan, Kabupaten Malang

Pulau Sempu ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju ke pulau ini bisa melalui pantai Sendang Biru kemudian menyeberang menggunakan perahu. Jarak pantai Sendang Biru dengan Pulau Sempu juga tidak terlalu jauh hanya membutuhkan beberapa menit menyeberang dengan perahu. Sementara untuk menuju ke Segara Anakan lumayan jauh dan hanya bisa dengan berjalan kaki melewati hutan di Pulau ini. Dengan berjalan kaki membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit hingga 2 jam.

Stay in Malang : find all hotels

Keindahan Pulau Sempu dan Segara Anakan

Setelah menyeberang dari pantai Sendang Biru, perjalanan dilanjutkan menuju ke Segara Anakan dengan melewati hutan kurang lebih 1 jam 30 menit. Kontur tanah yang agak becek sedikit memnyulitkan perjalanan kali ini. Awal-awal perjalanan jarang kutemui bonus pemandangan hanya pohon-pohon di sebelah kanan dan kiri. Mendekati Segara Anakan, danau sudah mulai terlihat dan perjalanan melewati tebing di samping danau. Sesampainya di Segara Anakan pemandangan indah terpampang jelas di depan mata.

Pulau Sempu

Karena saking excitednya aku dan teman-temanku langsung berenang di Segara Anakan Pulau Sempu setibanya di sana. Hingga tak terasa matahari mulai tenggelam, kami pun mendirikan tenda. Pada saat itu karena bertepatan dengan weekend sehingga banyak sekali pengunjung di Pulau Sempu hingga banyak sekali tenda di sana hampir sekitar 100 orang.

Setelah semalaman bermalam di Segara Anakan, tibalah saat pagi hari. Pagi hari di sini pun juga tak kalah indah. Matahari perlahan mulai menampakkan wujudnya dan keindahan Pulau Sempu perlahan mulai nampak. Gagahnya tebing-tebing yang mengelilingi Segara Anakan yang banyak pepohonan hijau serta air laut yang tenang membuat suasana kala itu teramat syahdu.

  • Pulau Sempu
  • Segara Anakan
  • Pulau Sempu Malang

Beberapa hal yang perlu kalian waspadai di Pulau ini ialah, hati-hati jangan sampai tersesat karena tidak ada pemukiman satu pun di sini. Kedua waspada dengan barang bawaan kalian karena banyak sekali monyet di pulau ini. Serta bawa bekal dan olahraga yang cukup karena perjalanan menuju Segara Anakan yang amat sangat melelahkan.

Oke sekian pengalamanku mengunjungi Cagar Alam Pulau Sempu di Kabupaten Malang pada tahun 2015 lalu. Pulau ini sangat indah dan masih alami sehingga ada baiknya kita tetap menjaga kelestarian dan kealamian pulau ini.

Maybe the best moment of your life will be on your next big adventure..

Siya Zarrabi

Baca juga artikelku lainnya ya..

Baca juga : Pecel Semanggi Surabaya, Kulineran Makanan Khas Surabaya

Pulau Sempu, Kabupaten Malang

Alamat : Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur / Google Maps

Penilaian dan Ulasan Tripadvisor

Peringkat: 4.5 dari 5.

follow and subscribe my social media :

Read all article aboutJawa Timur

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *