Naik Kereta Argo Wilis dari Surabaya ke Bandung

naik kereta argo wilis surabaya bandung KAI

Naik Kereta Argo Wilis dari Surabaya ke Bandung

Hello guys selamat datang di blogku. Pada artikel kali ini aku mau membagikan kisah seru ketika liburan ke kota Bandung dari Surabaya dengan naik kereta Argo Wilis dari stasiun Gubeng. Mengapa trip kali ini begitu spesial karena trip kali ini merupakan perjalanan pertamaku ke Bandung menggunakan kereta api yang mana biasanya selalu menggunakan pesawat. Terlebih perjalanan kali ini aku bisa menikmati keindahan alam Indonesia selama perjalanan karena perjalanan kali ini aku lakukan siang hari. So langsung saja berikut ceritaku liburan ke Bandung naik kereta Argo Wilis, check it out..

Pemesanan Tiket dan Check In

Hal pertama yang aku lakukan sebelum keberangkatan ialah pemesanan tiket. Melalui aplikasi Traveloka, aku dapat tiket kereta Argo Wilis kelas Executive dengan tanggal keberangkatan hari Rabu 1 Juni 2022 pukul 07.30 WIB dengan harga Rp. 525.000 dengan estimasi waktu tempuh perjalanan 9 jam 55 menit. Memesan tiket melalui aplikasi juga tak ada kendala sama sekali dan sangat mudah cukup mengisi identitas diri, memilih tempat duduk, kemudian melakukan pembayaran. Selajutnya E-tiket pun sudah didapat.

Tiba di hari keberangkatan aku berangkat menuju ke stasiun Gubeng pukul 07.00 WIB karena jarak dari rumah ke stasiun tidak terlalu jauh. Sampi di stasiun pukul 7 lebih dan suasana stasiun Gubeng pagi itu cukup ramai karena bertepatan dengan momen liburan juga. Lanjut untuk check-in dan mencetak tiket di stasiun. Tak ada kendala sama sekali ketika melakukan proses check-in ini. Tak lama kemudian kereta Argo Wilis pun tiba di stasiun dan aku pun bergegas untuk masuk. Di petugas pemeriksaan, aku hanya diperiksa KTP dan tiket saja dan karena aku juga sudah vaksin ketiga sehingga tak khawatir untuk ditanyai mengenai vaksin meskipun waktu itu tak ditanyai oleh petugas sama sekali.

naik kereta argo wilis
source : sandiscover

Baca Juga :

Sate Kelapa Dinoyo, Kuliner Surabaya Enak dan Murah

Chiang Mai Night Market, Surga Belanja di Thailand

Lanjut Naik Kereta Argo Wilis

Setelah melewati pemeriksaan aku mulai menaiki gerbong yang aku dapat. Aku mendapat gerbong nomor 7 dimana gerbong tersebut berada di urutan kedua dari belakang sehingga aku cukup berjalan cukup jauh dari pintu masuk. Memasuki kereta suasana masih sepi karena kau termasuk penumpang yang masuk paling dulu. Hal tersebut aku gunakan untuk memotret suasana kereta sejenak sebelum penumpang lain pada masuk. Sekilas suasana stasiun dan di dalam kereta pada waktu itu.

  • naik kereta argo wilis
  • kereta surabaya bandung

Fasilitas Kereta Argo Wilis

Pengalaman naik kereta Argo Wilis ini menurutku sangat menyenangkan terlebih fasilitas yang ada di kereta ini cukup lengkap mulai dari kursi yang nyaman serta adjustable, jarak kursi yang lebar, terdapat meja untuk makan atau menaruh laptop di setiap kursi, colokan listrik, AC yang dingin, serta toilet yang bersih. Tak hanya itu terdapat juga kereta makan dan musholla di kereta ini. Bagi kalian yang malas untuk berjalan menuju kereta makan, beberapa waktu pramugari dan pramugara akan keliling sembari menjajakan makanan dan minuman di setiap gerbong kok.

  • kereta makan
  • kereta argo wilis
  • kereta surabaya bandung
  • kereta bandung surabaya
  • kereta KAI

Selain fasilitas yang cukup memadai, fasilitas lain yang perlu kalian tahu ialah adanya petugas keamanan serta CCTV yang ada di kereta ini sehingga apabila penumpang sedang pergi ke toilet atau ketiduran maka tak perlu khawatir dengan barang bawaannya meskipun apabila ada kejadian kehilangan masih menjadi tanggung jawab masing-masing penumpang. Petugas kebersihan juga rutin berkeliling dan menagambil sampah-sampah dari penumpang sehingga kereta juga selalu dalam keadaan bersih. Tak hanya itu ketika kereta mulai berangkat, pramugari membagikan masker dan wet tissue kepada setiap penumpang juga karena mengingat pandemi Covid-19 yang belum usai.

masker KAI
source : sandiscover

Baca Juga :

Pantai Melasti, Eksotisnya Pantai di Ungasan Bali

Kereta Argo Wilis Mulai Berangkat

Setelah menunggu beberapa menit, tepat pukul 07.30 WIB kereta Argo WIlis mulai bertolak dari stasiun Gubeng Surabaya. Karena termasuk kereta kelas eksekutif maka kereta ini hanya berhenti di beberapa stasiun besar saja. Kereta ini hanya berhenti di stasiun Stasiun Mojokerto, Stasiun Jombang, Stasiun Kertosono, Stasiun Madiun, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Banjar, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Cipeundeuy, dan terakhir Stasiun Bandung.

naik kereta argo wilis surabaya bandung
source : sandiscover

Pukul 12.30 kereta sampai di stasiun Yogyakarta. Di stasiun ini banyak penumpang yang turun serta banyak pula penumpang yang baru naik kereta Argo Wilis ini hingga tak lama kemudian kereta melanjutkan perjalanan. Karena hari yang sudah siang tak lupa aku juga sempat mencicipi mie Godog Jawa di kereta makan serta ditemani segelas teh hangat.

kereta makan argo wilis
source : sandiscover

Sesampainya di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat kereta mulai menanjak dan melewati perbukitan. Setelah melewati stasiun Cirahayu track semakin menanjak dan diiringi hujan yang mulai turun. Kereta pun sempat berhenti sesaat karena gagal menanjak hingga sekitar 3 sampai 5 menit kemudian kereta mulai bergerak kembali.

Also Read :

Nana Plaza Thailand, Wisata Khusus Dewasa 18+

Melewati Pegunungan dan Tiba di Bandung

Setelah sempat berhenti di stasiun Cipeundeuy beberapa saat, perjalanan berlanjut melewati pegunungan di Jawa Barat. Kontur track yang menanjak, menurun, berkelok-kelok membuat perjalanan semakin seru plus pemandangan yang memanjakan mata. Hingga pukul 18.10 WIB kereta Argo Wilis pun tiba di stasiun Bandung yang harusnya tiba pukul 17.30 WIB.

stasiun bandung
source : sandiscover

Ok guys sekian kisah keseruanku liburan naik kereta Argo Wilis dari Surabaya ke Bandung pada bulan Juni 2022 lalu. Semoga Indonesia bisa bangkit di segala sektor dan khususnya di sektor pariwisatanya. Apabila ada saran dan komentar bisa langsung ketik di bawah dan ikuti terus artikelku lainnya, thank you..

Sometimes you are the train, sometimes you are the track..

therandomvibez



Baca juga : 4 Pasar di Thailand yang Wajib Dikunjungi

Kereta Api Argo Wilis

Informasi Pemesanan Tiket : booking.kai.id atau traveloka.co.id

follow and subscribe my social media :

Read all article aboutTravelOthers

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *