Kereta Mutiara Selatan dari Bandung ke Surabaya Juni 2022

kereta mutiara selatan

Dari Bandung ke Surabaya Naik Kereta Mutiara Selatan

Setelah selesai menghabiskan waktu di kota Bandung, tibalah saatnya untuk kembali ke kehidupan seperti biasanya dan balik ke Surabaya. Pada perjalanan balik ke kota Pahlawan, aku memilih untuk menggunakan kereta lagi. Namun berbeda dengan perjalanan sebelumnya, kali ini aku menggunakan kereta yang berbeda dan waktu perjalanan yang berbeda pula yakni malam hari. Dan kereta yang aku pilih kali ini ialah kereta Mutiara Selatan.

Tak banyak perbedaan antara kereta Argo Wilis dengan kereta Mutiara Selatan, baca : Serunya Naik Kereta Argo Wilis dari Surabaya ke Bandung Juni 2022. Mulai dari tipe kelas yang eksekutif, layout kursi, fasilitas, serta pelayanan. Dua kereta ini sebenarnya saling bergantian melayani rute Surabaya – Bandung, apabila salah satu kereta memiliki jadwal ke Bandung pagi hari, maka kereta lain memiliki jadwal ke Surabaya malam hari, begitu pun sebaliknya. Namun karena perjalanan kali ini aku lakukan malam hari sehingga feel yang kudapat juga berbeda dari perjalanan sebelumnya.

Pemesanan Tiket dan Kedatangan di Stasiun Bandung

Tiket perjalanan kali aku aku pesan melalui aplikasi Traveloka dan aku memilih kereta Mutiara Selatan dengan tanggal keberangkatan 2 Juni 2022 pukul 20.30 WIB dengan harga Rp. 515.000 dengan waktu tempuh 12 jam 15 menit. Memang sedikit lebih lama dari perjalanan dari Surabaya ke Bandung karena setiap kereta dengan tujuan ke Surabaya lebih banyak pemberhentian dibandingkan dengan tujuan sebaliknya.

Bertolak dari hotel tempatku menginap pukul 19.30 WIB, tepat pukul 20.00 WIB aku tiba di stasiun Bandung. Kereta Mutiara Selatan yang akan aku tumpangi ternyata sudah tiba di stasiun dan setelah check in kemudian aku memasuki gerbong yang aku dapat. Penumpang waktu itu cukup ramai terbukti dari hampir seluruh kursi di gerbongku terisi.

Baca Juga :

4 Destinasi Wisata di Pulau Phu Quoc yang Wajib Kamu Kunjungi

Chatuchak Weekend Market, Pusat Shopping di Thailand

Fasilitas Kereta Argo Wilis

Fasilitas dari kereta Mutiara Selatan ini cukup lengkap diantaranya ada kursi adjustable, meja folding di setiap kursi, colokan listrik, lampu baca, AC, toilet, kereta makan dan musholla. Selain itu terdapat pula CCTV di setiap gerbong.

Keberangkatan Kereta Mutiara Selatan dari Bandung

Tepat pukul 20.30 kereta pun berangkat dari Stasiun Bandung. Stasiun yang akan disinggahi kereta Mutiara Selatan pada perjalanan kali ini ialah stasiun Kiara Condong, stasiun Cipeundeuy, stasiun Tasikmalaya, stasiun Ciamis, stasiun Banjar, stasiun Maos, stasiun Kroya, stasiun Gombong, stasiun Karanganyar, stasiun Kebumen, stasiun Kutoarjo, stasiun Yogyakarta, stasiun Solobalapan, stasiun Madiun, stasiun Nganjuk, stasiun Kertosono, stasiun Jombang, stasiun Mojokerto dan terakhir stasiun Gubeng Surabaya.

Baca Juga :

Green Bowl Beach, Surga Tersembunyi di Selatan Bali

Tak lama setelah kereta berangkat, pramugari keliling dan membagikan masker dan tisu basah ke setiap penumpang. Dan setiap perjalanan kereta api malam penumpang akan mendapat selimut untuk menemani perjalanan, pramugari tak lama kemudian juga membagikan selimut ke seluruh penumpang. Dan karena badan sudah letih dan capek, sepanjang malam di kereta ini aku lebih memilih untuk tidur.

Keindahan Alam Indonesia Selama Perjalanan Kereta Mutiara Selatan

Tak terasa jam sudah menujukkan pukul 04.00 WIB keesokan harinya hingga aku pun terbangun. Kereta waktu itu pun sudah sampai di stasiun Yogyakarta dan pada waktu itu hampir separuh penumpang turun di stasiun tersebut. Selang sekitar 5 menit kemudian kereta pun melanjutkan perjalanan. Aku pun sempat menikmati moment sunrise dengan view gunung Lawu ketika kereta melewati Magetan. Pemandangan sawah yang hijau serta gagahnya gunung Lawu membuat suasana pagi itu kian syahdu.

  • kereta mutiara selatan
  • kereta mutiara selatan

Also Read :

TP Pagi, Sentra Thrifting di Surabaya

Hingga sampai di daerah Madiun pemandangan yang awalnya berlatarkan gunung Lawu berubah menjadi berlatar gunung Wilis. Tak hanya itu, ketika kereta melewati daerah Saradan, hijaunya hutan jati membuat moment perjalanan kali ini kian berkesan. Memasuki daerah Mojokerto, view yang awalnya berupa persawahan dan gunung berubah menjadi dominan pemukiman sehingga hal tersebut aku gunakan untuk memilih sarapan di kereta makan ketimbang melihat view pemukiman. Seporsi nasi rendang dan segelas teh panas aku pilih untuk mengisi perut pagi itu. Hingga tepat pukul 08.45 WIB kereta Mutiara Selatan pun tiba di stasiun Surabaya Gubeng.

Sekian artikelku tentang perjalanan dari Bandung ke Surabaya menaiki kereta Mutiara Selatan dan menempuh perjalanan malam kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi refrensi kalian dalam memilih transportasi ketika hendak traveling ke Bandung atau ke Surabaya. Dan apabila ingin memberikan saran dan komentar langsung saja tulis di kolom bawah, thank you..

The train is a small world moving through a larger world..

Elisha Cooper



Baca juga : Ibis Trans Studio Bandung, Review Menginap Tahun 2022

Kereta Api Mutiara Selatan

Informasi Pemesanan Tiket : booking.kai.id atau traveloka.co.id

follow and subscribe my social media :

Read all article aboutTravelOthers

Artikel yang Direkomendasikan

1 Komentar

  1. Wah jadi keinget jaman dulu sering pake kereta ini buat mudik Bandung-Kebumen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *