Kebun Binatang Surabaya, Wisata Legendaris Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Berbicara tentang wisata Surabaya memang banyak sekali. Mulai dari wisata kota, sejarah, tempat-tempat ikonik, kuliner, hingga wisata anak. Tempat wisata yang ingin aku bahas kali ini ialah salah satu tempat wisata yang paling terkenal di kota Surabaya bahkan di Jawa Timur. Tempat ini pun telah menjadi ikon wisata sejak masa penjajahan dulu. Nama tempat ini ialah Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Kebun Binatang Surabaya ini telah berdiri sejak tahun 1916. Tempat wisata ini selalu menjadi favorit masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Hal pertama yang muncul di benak masyarakat tentang wisata anak-anak pasti kebun binatang ini. Selain itu kebun binatang ini merupakan kebun binatang terbesar di Asia Tenggara. Namun sayangnya tempat ini pernah menjadi perhatian dunia karena kondisinya yang memprihatinkan. Bahkan media-media asing dengan gencar memberitakan keadaan satwa-satwa KBS banyak yang mati. Hal tersebut disinyalir karena kesalahan dan konflik manajemen KBS yang carut marut hingga Pemerintah Kota Surabaya pun akhirnya turun tangan dan mengambil alih kebun binatang kebanggaan warga Surabaya ini (baca: https://www.mongabay.co.id/2014/01/22/pemkot-surabaya-akhirnya-ambil-alih-pengelolaan-kbs/).

Hingga saat ini tempat ini mulai banyak berbenah dan mendapat kepercayaan masyarakat lagi. Terlihat dari antusiasme masyarakat ketika weekend akhir-akhir ini yang semakin meningkat. Di beberapa spot di KBS juga mengalami perbaikan dan pembangunan sehingga lebih memperindah kebun binatang ini. Selain itu juga terdapat penambahan beberapa spot-spot foto yang disediakan untuk pengunjung.

Baca Juga : Teras Rumah Cafe & Resto, Kafe Estetik di Surabaya

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Surabaya

Lokasi Kebun Binatang Surabaya (KBS) ini terletak di Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241. Letaknya yang sangat strategis sehingga tak sulit untuk menuju ke tempat ini. Tempat ini juga dekat dengan beberapa tempat penting di Surabaya seperti Terminal Intermoda Joyoboyo, Taman Bungkul, Masjid Al-Falah dan RS. St. Vincentius Paulo. Selain itu KBS juga merupakan rute dari Suroboyo Bus sehingga kalian bisa juga menuju tempat ini menggunakan bus andalan kota Surabaya ini.

Untuk harga tiket masuknya sekarang ialah IDR15.000 perorang. Harga tersebut aku dapat ketika mengunjunginya pada hari Minggu 5 Desember 2021. Namun untuk anak dengan tinggi di bawah 85 cm tidak dikenakan biaya masuk.

Stay in Surabaya : find all hotels

Ramainya Kebun Binatang Surabaya Saat Weekend

Saat aku mengunjungi kebun binatang ini hari Minggu 5 Desember 2021 kemarin, suasananya sangatlah ramai dan penuh. Mungkin karena rencana pemerintah yang akan memberlakukan PPKM di akhir tahun sehingga masyarakat berpikir saat inilah yang tepat untuk liburan sebelum PPKM diberlakukan. Bahkan area parkirnya pun penuh kendaraaan hingga di sepanjang jl. Setail menjadi parkiran dadakan. Area loketnya pun terjadi antrian yang cukup panjang namun karena dibagi menjadi beberapa titik sehingga tak terlalu lama mengantri. Suasana di dalam ternyata lenih ramai lagi. Banyak sekali orang baik orang dewasa, bayi, anak-anak bahkan lansia yang berlibur di KBS saat itu.

  • Kebun Bunatang Surabaya
  • Kebun Binatang Surabaya

Masyarakat pun bergantian menyerbu setiap kandang-kandang hewan yang ada di KBS ini. Mulai dari unggas, mamalia, ikan hingga hewan karnivora. Beberapa spot yang paling ramai dikunjungi ialah kandang gajah, rusa, unta, jerapah, aquarium, dan kids zoo. Namun sayangnya banyak kutemui kandang-kandang yang kondisinya kosong. Di beberapa spot juga tersedia wahana menaiki hewan seperti menaiki gajah dan unta. Selain itu terdapat juga wahana untuk memberi makan binatang seperti rusa dan gajah dengan membeli makanan hewan-hewan tersebut ke petugas.

  • KBS
  • Kebun Binatang Surabaya
  • KBS
  • wisata surabaya
  • KBS

Sekian ceritaku mengunjungi Kebun Binatang Surabaya. Bagi kalian yang ingin berwisata terutama wisata edukasi anak-anak wajib tentunya mengunjungi tempat satu ini.

Animal share with us the privilege of having a soul – Phytagoras.

ikuti juga artikelku lainnya..

Baca juga : Navy Day Jalan Tunjungan, Olahraga Bareng Alutsista AL

Kebun Binatang Surabaya (KBS), Surabaya

Hari dan jam buka : Setiap Hari / 08.00 – 16.00

Alamat : Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241 / Google Maps

Penilaian dan Ulasan Tripadvisor

Peringkat: 2.5 dari 5.

follow and subscribe my social media :

Read all article aboutJawa Timur

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *