Bukit Panguk Kediwung, Spot Sunrise Cantik Jogja

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung

Hello sobat traveler, welcome back to sandiscover. Semoga pandemi Covid 19 ini segera berakhir dan kehidupan bisa kembali normal lagi ya guys. Pada artikel kali ini aku mau membahas tentang wisata di Jogja yang viral dan memiliki daya tarik wisata yang sangat menarik. Tempat wisata satu ini menawarkan keindahan alam dan sunrise yang memukau. Selain itu tempat ini juga terkenal dengan sebutan negeri di atas awan karena pemandangan letaknya yang berada di ketinggian sehingga ketika pagi hari pemandangan sekitarnya masih tertutupi oleh awan kabut. Spot wisata satu ini bernama Bukit Panguk Kediwung yang terletak di Bantul, Yogyakarta.

Jogja memang terkenal dengan tempat wisatanya yang banyak dan beragam. Beberapa wisata seperti wisata kota, sejarah, seni, kuliner hingga wisata alam ada di kota pelajar ini. Dan salah satu wisata alam yang lagi populer di Jogja ialah Bukit Panguk Kediwung ini. Bukit ini termasuk tempat wisata baru yang ada di Jogja sehingga masih sedikit orang yang mengetahuinya. Aku dulu pun sebenarnya berkunjung ke tempat ini karena ketidaksengajaan karena sebenarnya ingin menikmati sunrise di kebun buah Mangunan dan malah nyasar ke tempat ini.

Lokasi dan Akses Menuju Bukit Panguk Kediwung, Jogja

Bukit Panguk ini terletak di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Daerah Mangunan ini merupakan perbukitan di daerah Bantul. Untuk menuju kesini kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1 jam berkendara dari pusat Yogyakarta dengan menempuh jarak sekitar 25 km. Ketika kalian ingin berburu sunrise di bukit ini, kalian mesti berangkat ketika pagi hari buta ketika hari masih gelap.

Akses jalan menuju tempat ini pun cukup enak namun sayangnya sangat minim penerangan. Sehingga kalian mesti sangat berhati-hati ketika menuju ke tempat ini terutama jika solo travelling dan jalanan sedang sepi. Aku dulu pun berangkat menggunakan motor selepas sholat shubuh dan sendirian guys. Di jalan pun sebenarnya sedikit khawatir karena jalanan yang belum aku ketahui ditambah lagi suasana sepi dan gelap. Namun di tengah-tengah perjalanan bertemu 2 orang dari Surabaya yang hendak ke Bukit Panguk ini sehingga akhirnya aku mengubah tujuanku dan mengikuti mereka.

Menikmati Sunrise di Atas bukit Panguk Kediwung

Begitu memasuki area bukit dan selesai memarkirkan kendaraan, pemandangan indah pun perlahan-lahan mulai terlihat. Awalnya langit yang masih gelap, sedikit demi sedikit mulai terlihat cerah seiring sang mentari yang mulai muncul dari ufuk timur. Warna langit yang awalnya ke-ungu-an karena gelapnya malam sedikit demi sedikit berubah menjadi jingga hingga akhirnya biru cerah berselimut awan tipis. Perbukitan Mangunan pun mulai menampakkan keindahannya yang masih terselimuti oleh kabut putih tebal. Udara sejuk pun menambah suasana syahdu selagi aku menikmati sunrise.

  • Bukit Panguk Kediwung
  • Bukit Panguk Kediwung
  • Jogja
  • Yogyakarta
  • Bukit Panguk Kediwung Jogja

Selain menikmati sunrise, di bukit ini juga tersedia spot-spot foto dengan latar belakang lautan awan, perbukitan dan sunrise tentunya. Spot-spot foto ini dibangun di tepian bukit dan di atas jurang sehingga apabila berfoto di sana seolah-olah kita berada di atas awan. Namun sayangnya hanya beberapa saja yang bisa bebas digunakan karena sebagian lainnya harus membayar terlebih dahulu alias tidak gratis. Meskipun begitu spot yang gratis pun juga bagus dan tak kalah dengan yang berbayar.

Mungkin yang awalnya tujuan utamaku bukan ke tempat ini, namun mungkin karena takdir hingga sampainya kau ke bukit ini. Namun semua itu tak aku sesali bahkan aku bersyukur telah ditunjukkan Tuhan akan ciptaan-Nya yang indah ini.

  • Wisata Jogja
  • Bukit Panguk
  • Kediwung Jogja

Sekian ceritaku tentang Bukit Panguk Kediwung yang ada di Jogja ini. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Jogja bisa menjadikan tempat ini sebagai alternatif wisata di tengah banyaknya wisata-wisata di Jogja.

Travel is the only thing you buy that makes you richer. Anonymous 🙂

Baca juga artikel-artikelku lainnya..

Baca juga : Taman Gardu Pandang Kaliurang, Spot Cantik di Jogja

Bukit Panguk Kediwung, Jogjakarta

Alamat : Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783 / Google Maps

Penilaian dan Ulasan Tripadvisor

Peringkat: 4.5 dari 5.

follow and subscribe my social media :

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *