Bukit Jaddih Madura, Wisata Populer Bekas Tambang

bukit jaddih bangkalan madura

Bukit Jaddih Madura

Hi guys kembali lagi di blogku. Semoga kalian dalam keadaan sehat selalu dan jangan lupa untuk berolahraga. Kali ini aku mau membahsa tentang salah satu spot wisata menarik yang ada di Bangkalan Madura. Tempat wisata ini merupakan bekas tambang kapur putih yang kini menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Namanya ialah Bukit Jaddih Madura.

Pada awalnya bukit kapur ini menjadi tambang kapur yang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai mata pencaharian mereka. Namun berjalannya waktu banyak masyarakat yang mengetahui keindahan tambang kapur ini melalui media sosial, sehingga wisatawan mulai berbondong-bondong untuk mengunjunginya. Meskipun saat ini masyarakat sering berkunjung namun aktivitas pertambangan kapur juga masih terus berjalan hingga saat ini.

Lokasi dan Akses

Untuk lokasi objek wisata ini terletak di Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69161. Apabila dari Surabaya membutuhkan waktu sekiar 50 menit berkendara melalui jembatan Suramadu. Pada saat aku mengunjunginya dulu pada tahun 2018 akses jalannya juga lumayan mudah dengan jalanan aspal yang sudah bagus dari Surabaya hingga di Maduranya. Setelah memasuki area masuk menuju Bukit Jaddih, jalanan aspal berganti menjadi tanah kapur sehingga jalanan sangat mudah berdebu.

Bukit Jaddih Madura

Indahnya Tebing-Tebing Kapur Bukit Jaddih

Setelah melewati area penjagaan dan membayar biaya masuk sekitar IDR5000 perorang dengan biaya parkir mobil IDR20.000, keindahan tebing-tebing kapur mulai nampak. Objek wisata ini menawarkan keindahan bak Cappadocia di Turki. Selain itu tebing-tebing kapur juga dibentuk sedemikian rupa sehingga banyak menarik wisatawan untuk datang mengunjunginya. Pada sisi utara juga terdapat kolam yang bernama Goa Pote yang terletak di tengah-tengah bukit kapur. Selain itu pahatan-pahatan pada dinding kapur yang merupakan bekas penambangan juga tak kalah indahnya.

Tips Berkunjung ke Bukit Jaddih Madura

Ada beberapa tips bagi kalian yang ingin mengunungi Bukit Jaddih Madura ini, berikut tips-tipsnya :

  1. Hindari membawa barang-barang berharga
  2. Datang beramai-ramai atau berkelompok
  3. Bawa perbekalan yang cukup
  4. Waktu yang tepat untuk berkunjung ialah pagi atau sore hari, karena siang hari lumayan panas

Sekian artikelku mengenai Bukit Jaddih di Madura ini. Bagi kalian yang tertarik dan lagi berkunjung ke pulau Madura atau Surabaya bisa mampir ke tempat ini. The world is a book, and those who do not travel read only one page.. 🙂

Baca juga artikelku lainnya, thank you..



Baca juga : Benteng Vredeburg Jogja, Wisata Sejarah di tengah Kota Yogyakarta



Bukit Jaddih, Bangkalan, Madura

Buka : Setiap Hari / 07.00-16.00

Alamat : Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69161 / Google Maps



Penilaian dan Ulasan Tripadvisor

Peringkat: 4 dari 5.

follow and subscribe my social media :

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *