Benteng Vredeburg Jogja, Wisata Sejarah di Yogyakarta

Benteng Vredeburg Jogja

Benteng Vredeburg Jogja

Jogja selalu memiliki daya tarik yang unik dan berbeda dari kota-kota lain di Indoneisa. Hal tersebut membuat banyak masyarakat Indonesia selalu kagum dan merindukan suasana Jogja. Dan menurutku selain Bali, Jogja juga menawarkan daya tarik wisata yang sangat lengkap mulai dari budaya, seni, alam, sejarah, hingga kulinernya. Selain itu akses yang lebih mudah bagi masyarakat pulau Jawa membuat Jogja selalu menjadi pilihan pertama bagi orang Jawa dalam memilih tempat liburan. Pada kesempatan kali ini aku akan membahas salah satu tempat wisata di Jogja yang memiliki keunikan tersendiri yang mana selain berwisata kita juga dapat pengetahuan tentang sejarah bangsa Indonesia terdahulu. Objek wisata ini bernama Museum Benteng Vredeburg yang berada di pusat kota Jogja.

Museum Benteng Vredeburg ini merupakan bangunan yang didirikan sejak jaman kolonial Belanda. Benteng ini dibangun atas gagasan pemerintah Belanda pada tahun 1765. Dimana fungsi awalnya sebagai benteng pertahanan terbukti dari terdapatnya empat menara pengawas pada setiap sudutnya. Dan sejak tahun 1985 Benteng Vredeburg beralih fungsi menjadi Museum Perjuangan dan dibuka untuk umum.

Lokasi dan Akses Menuju Museum Benteng Vredeburg Jogja

Untuk menuju Museum Benteng Vredeburg ini sangatlah mudah. Bagi kalian yang pernah mengunjungi Jogja maupun belum pasti familiar dengan wisata Jalan Malioboro. Nah lokasi Benteng ini masih satu jalan dengan Malioboro dan bisa kalian tempuh hanya dengan berjalan kaki. Untuk alamat pastinya yakni berada di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Lokasi Benteng ini juga dekat dengan banyak spot wisata lainnya seperti Titik Nol kilometer Jogja, pasar Beringharjo, Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949, Alun-alun Utara Jogja, dan masih banyak lagi.

Daya Tarik Wisata Museum Benteng Vredeburg Jogja

Waktu itu aku mengunjungi Museum Benteng Vredeburg ini pagi hari pukul 9 pagi. Setelah berjalan-jalan menyusuri Malioboro dan selesai makan sepiring nasi pecel di pasar beringharjo, aku memutuskan untuk pergi ke Museum ini dengan berjalan kaki karena lokasinya yang sangat dekat. Untuk tiket masuknya yang hanya IDR3.000 untuk orang dewasa, IDR2.000 untuk anak-anak, dan IDR10.000 untuk wisatawan mancanegara, maka tak heran rasanya kala itu suasana di dalam begitu ramai dan padat dengan pengunjung. Meskipun begitu aku masih bisa menikmati suasana asri dan sarat nuansa klasik dari Museum ini.

  • Vredeburg
  • Benteng Vredeburg Jogja
  • Sejarah Jogja
  • Wisata Jogja
  • Benteng Vredeburg Jogja

Selain menikmati area luar Benteng dengan view bangunan-bangunan tempo dulu, kalian juga bisa masuk ke beberapa gedung tersebut yang di dalamnya terdapat diorama-diorama yang menjelaskan momen-momen perjuangan jaman dulu. Di samping itu terdapat juga penjelasan di setiap diorama sehingga kita juga bisa mengetahui apa cerita yang terdapat pada diorama tersebut.

Sekian artikelku tentang wisata sejarah Museum Benteng Vredeburg yang berada di Jogja kali ini. Untuk kalian yang berencana atau sudah berlibur di Jogja, wisata satu ini bisa kalian jadikan salah satu alternatif tujuan di tengah banyaknya spot wisata di kota Pelajar ini.

The more you know about the past, the better prepared you are for the future – Theodore Roosevelt.. 🙂

Ikuti terus artikel-artikelku lainnya, thank you..



Baca juga : Gudeg Yu Djum, Rekomendasi Kuliner Khas Jogja



Museum Benteng Vredeburg, Jogja

Alamat : Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122 / Google Maps

Buka : Selasa-Minggu / 07.30-16.00



Penilaian dan Ulasan Tripadvisor

Peringkat: 4 dari 5.

follow and subscribe my social media :

Artikel yang Direkomendasikan

1 Komentar

  1. […] Benteng Vredeburg Jogja, Wisata Sejarah di Yogyakarta […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *