Alun-alun Surabaya, Spot Favorit Baru di Surabaya

alun-alun surabaya

Alun-alun Surabaya

Hi guys jumpa lagi di blogku. Di artikel kali ini aku mau membahas destinasi wisata di kota Pahlawan yang lagi viral dan hype. Destinasi ini masih tergolong baru dan baru diresmikan pada akhir tahun 2021 kemarin. Tempat wisata ini bernama Alun-alun Surabaya.

Surabaya memang sejak dulu tidak memiliki sebuah alun-alun layaknya kota-kota lain di Indonesia. Seringnya masyarakat lebih memilih berwisata di daerah Tunjungan atau ke Tugu Pahlawan bila berkunjung ke kota ini. Maka dari itu Pemerintah Kota membuat sebuah spot baru yang berupa alun-alun untuk warganya. Namun tak seperti alun-alun di kota lain, alun-alun di sini terdapat 2 area utama yakni di bagian atas (Balai Pemuda) serta bagian basement berupa sebuah tempat indoor di bawah tanah dan lebih mirip seperti sebuah aula. Letak alun-alun basement berada di bawah Balai Pemuda Surabaya yang berlokasi di pusat kota Surabaya.

Alun-alun Surabaya

Baca Juga :

Pantai Prigi, Pantai Favorit di Trenggalek

Mesin 3D Print – Cara Membuat Benda Dengan 3D Print

Lokasi dan Tiket Masuk Alun-alun Surabaya

Alun-alun Surabaya ini berlokasi di Jl. Gubernur Suryo No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 21256. Letaknya berada di pusat kota Surabaya dan berdekatan dengan berbagai objek vital seperti Gedung negara Grahadi dan Balai kota Surabaya. Untuk menuju kesini sangat mudah karena lokasinya yang mudah diakses. Selain itu kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. kalian juga bisa menaiki Suroboyo Bus sebagai alternatif menuju ke tempat ini. Selain itu, bila menggunakan kendaraan pribadi tak usah khawatir karena parkiran Alun-alun ini cukup luas dan bisa menampung ratusan motor dan puluhan mobil.

Untuk harga tiket masuknya gratis cukup membayar biaya parkir itu pun kalau membawa kendaraan sendiri. Namun pengunjung wajib melakukan pendaftaran apabila ingin memasuki alun-alun basementnya. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website : https://tiketwisata.surabaya.go.id/. Di website tersebut terdapat banyak tujuan wisata di Surabaya, pilih Basement Alun-alun Surabaya. Lakukan pengisian biodata dan jumlah rombongan bila datang ramai-ramai. Setelah berhasil kalian akan mendapat barcode yang digunakan untuk masuk ke Basement Alun-alun.

Stay in Surabaya : find all hotels

Alun-alun Surabaya Atas yang Instagrammable

Alun-alun Surabaya bagian atas (Balai Pemuda) merupakan beberapa gedung bernuansa klasik. Banyak pengunjung yang suka berfoto ria di sini karena memang viewnya yang bagus. Selain itu terdapat sebuah area terbuka yang cukup luas yang bisa digunakan untuk bermain anak-anak. Selain itu terdapat pula beberapa spot lain seperti Perpustakaan kota, Surabaya Tourism Centre, dan masjid di area ini.

  • alun-alun surabaya
  • wisata surabaya
  • travel surabaya
  • balai pemuda
  • surabaya

Basement yang Artistik

Selain menikmati area atas, kalian juga bisa menikmati area Basement Alun-alun Surabaya ini. Area ini lebih mirip seperti aula besar yang berada di bawah tanah. Selain itu di tempat ini sering menyelengarakan pameran seni lukis ataupun UMKM. Tak hanya itu di area ini juga terdapat skateboard park yang sering digunakan arek-arek Suroboyo untuk latihan.

Untuk area basement ini meskipun letaknya di bawah tanah, fasilitasnya juga cukup memadai seperti adanya pendingin udara maupun toilet. Tempatnya pun juga bersih plus penerangan yang cukup sehingga aku pun cukup betah berada di dalam. Dan kebetulan ketika aku kesini sedang ada pameran lukisan.

  • basement
  • basement
  • wisata surabaya
  • surabaya tourism
  • liburan surabaya

Kalian juga bisa melihat keindahan Alun-alun Surabaya baik dari area atas maupun basement melalui video berikut:

Video Area Atas Alun-alun

Video Area Basement Alun-alun

Sekian ceritaku tentang Alun-alun Surabaya yang lagi hits dan viral ini. Bagi kalian yang belum pernah mengunjunginya, cobalah untuk kesini apabila di Surabaya.

Travel is never a matter of money but of courage..

Paulo Coelho

Baca juga artikelku lainnya..

Baca juga : Nightcrawler 2014, Ketika Orang Sadis Menjadi Jurnalis

Alun-alun Surabaya, Surabaya

Alamat : Jl. Gubernur Suryo No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 21256 / Google Maps

Pemesanan Tiket : https://tiketwisata.surabaya.go.id/

Penilaian dan Ulasan Google Review

Peringkat: 4.5 dari 5.

follow and subscribe my social media :

Read all article aboutJawa Timur

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *