Basra Loop, Rute Menarik Pegowes Surabaya Tahun 2021

basra loop gowes surabaya

Basra Loop

Olahraga kini menjadi trend yang lagi hype di tengah masyarakat. Terlebih lagi setelah pandemi virus Corona melanda menjadikan olahraga sebagai kebutuhan wajib demi menjaga tubuh tetap fit dan imunitas selalu baik. Salah satu olahraga yang paling favorit bagi masyarakat ialah bersepeda. Bersepeda merupakan olahraga yang bisa dilakukan semua kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu bersepeda juga merupakan olahraga cardio yang mampu menjaga kesehatan jantung dan mengontrol berat badan sehingga cocok sekali bagi yang ingin memiliki tubuh ideal. Tak heran jika peminatnya sangatlah banyak mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dan karena bersepeda merupakan olahraga yang mengharuskan adanya pergerakan (kecuali sepeda statik ya) sehingga harus memiliki rute. Dan salah satu rute bersepeda favorit warga Surabaya ialah Basra Loop.

Basra Loop ini merupakan rute bersepeda yang rutenya bolak-balik mengelilingi jalan Basuki Rahmat (Basra). Rute ini melewati jalan Basuki Rahmat – jalan Gubernur Suryo – jalan Panglima Sudirman. Ketiga jalan tersebut membuat bentuk segitiga sehingga cocok menjadi rute bersepeda looping. Sebagian pesepeda tersebut datang dari tempat yang agak jauh dari rute ini sehingga kebanyakan menaruh sepeda mereka ke dalam mobil yang kemudian mereka memarkirkan mobilnya di area McDonald Basuki Rahmat. Setelah itu barulah mereka keluarkan sepeda mereka kemudian memulai gowes.

sumber : google maps

Baca Juga : Navy Day Jalan Tunjungan, Olahraga Bareng Alutsista AL

Rute yang Melewati Ikon-ikon Surabaya

Selain rutenya, rute satu ini ini juga menawarkan keseruan lain yakni melewati ikon-ikon kota Surabaya. Antara lain seperti gedung Grahadi, taman Apsari, Alun-alun Surabaya, monumen Bambu Runcing, monumen Karapan Sapi, dan kawasan Tunjungan Plaza. Selain itu di beberapa spot juga terdapat bangunan-bangunan tua yang masih berdiri di area ini sehingga menambah daya tarik Basra Loop ini. Selai itu kawasan ini juga merupakan pusat kota Surabaya sekaligus lokasi banyak kantor dan hotel besar ada di kawasan ini. Maka dari itu tak heran jika kawasan ini sering disebut segitiga emas Surabaya.

Serunya Bersepeda di Basra Loop Surabaya

Hampir di setiap pagi selalu ada orang yang berolahraga di Basra Loop, baik yang berlari maupun bersepeda. Namun yang paling sering ialah para pesepeda. Sepeda yang mereka gunakan pun beragam mulai dari road bike, minitrek, sepeda lipat, MTB hingga sepeda-sepeda lain. Selain itu mereka kadang hadir berkelompok dan tak jarang juga yang sendirian. Kebanyakan dari mereka pun juga bukan sekedar gemar sepeda saja, terlihat dari atribut dan safety gear yang mereka kenakan seperti helm, kacamata, sepatu, jersey, dsb.

Menariknya lagi di sepanjang rute ini banyak sekali fotografer-fotografer yang memotret para pesepeda tersebut yang nantinya foto-foto tersebut mereka unggah ke instagram. Hasil-hasil fotonya nanti juga dibagikan oleh fotografer tersebut melalui link berbagi media secara gratis. Ada juga beberapa fotografer yang menyediakan hasil foto beresolusi tinggi High Definition (HD) yang apabila seseorang ingin memiliki foto tersebut bisa membeli melalui fotografer tersebut lewat instagram tadi.

  • Basra Loop
  • basra loop
  • basra loop gowes
  • olahraga surabaya
  • basra loop
  • bambu runcing

Banyak Pelari yang Memutari Basra Loop

Selain gowes, banyak juga para pelari yang sering menggunakan rute Basra Loop ini sebagai tempat latihan mereka. Banyak komunitas lari yang sering melewati rute ini seperti Indorunners Surabaya, RIOT Surabaya, dan masih banyak lagi. Pelari-pelari individu juga tak jarang terlihat berlatih di rute yang satu ini.

Sekian artikelku mengenai rute gowes di Surabaya yang hits dan menjadi favorit pesepeda yakni Basra Loop. Kalian juga bisa mencoba rute ini bila belum pernah mencoba dan bisa datang kapanpun.

Hard work beats talent when talent doesn’t work hard – Tim Notke.

Baca juga artikelku lainnya..

Baca Juga : Kebun Binatang Surabaya, Wisata Andalan Surabaya

Basuki Rahmat (Basra Loop)

Hari dan jam buka : Setiap Hari / 24 jam

Alamat : Jl. Basuki Rahmat – jl. Gubernur Suryo – jl. Panglima Sudirman / Google Maps

Klik untuk video dan foto Basra Loop : Youtube / Instagram

follow and subscribe my social media :

Read all article aboutSport

Artikel yang Direkomendasikan

1 Komentar

  1. Recomendednih buat tempat gowes..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *