Terminal Joyoboyo Sekarang, Terminal Keren di Surabaya

Terminal Joyoboyo

Terminal Joyoboyo, Surabaya

Kota Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. Banyak permasalahan yang terjadi di kota terbesar kedua di Indonesia ini mulai dari kriminalitas, kesejahteraan warga, hingga sarana transportasinya. Sejak dulu pun Surabaya terkenal menjadi kota dengan kemacetan tertinggi kedua di Indonesia setelah Jakarta. Maka dari itu Pemerintah Kota Surabaya pun mulai banyak berbenah khususnya di bidang transportasi umum. Beberapa program Pemkot ini mulai dari membangun beberapa jembatan penghubung, membangun jalan-jalan baru, menghadirkan Suroboyo Bus dan Semanggi Suroboyo Bus, serta memperbaiki terminal-terminal di Surabaya. Salah satu terminal yang berhasil dirombak dan direnovasi oleh Pemkot Surabaya ini ialah Terminal Joyoboyo.

terminal joyoboyo

Terminal Joyoboyo ini mengalami banyak pembenahan dan penyempurnaan baik dari segi bangunan dan sarananya. Terminal ini telah rampung dibangun pada Desember 2019 lalu dan kini namanya telah menjadi Terminal intermoda Joyoboyo taua biasa disingkat TIJ. Menurut Pemkot Surabaya terinal ini akan difungsikan menjadi titik temu dari berbagai moda transportasi di seluruh area Surabaya. Selain itu terminal ini juga difungsikan sebagai tempat parkir Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Baca Juga :

Vietnam Barbershop, Sensasi Perawatan Tubuh ala Vietnam

Bromo, Keindahan Hakiki Alam Indonesia Part1

Untuk kapasitas lahan parkir di TIJ ini mampu menampung sekitar 500 sepeda motor, 350 mobil, 100 sepeda angin, dan 16 bus. Untuk pembayaran parkirnya pun cukup unik karena di TIJ ini bisa menggunakan E-money, namun sayangnya yang tersedia masih hanya Flazz BCA. Sementara untuk pengunjung yang tidak mempunyai Flazz BCA bisa menggunakan opsi pembayaran tunai. Selain itu terminal ini juga merupakan pusat dari banyak angkutan umum di Surabaya. Hampir 25 trayek angkutan umum tersedia di terminal ini dengan tujuan ke seluruh Surabaya hingga sebagian ke Sidoarjo.

Lokasi Marble Mountains

Lokasi Terminal Joyoboyo ini berada di tengah kota Surabaya dan berada di titik pusat jalanan di Surabaya. Maka tak heran jika Pemkot Surabaya menjadikan terminal ini menjadi titik pertemuan dari transportasi umum seluruh Surabaya. Letaknya berada di Jl. Joyoboyo No. 1, Jawa Timur. TIJ ini juga berdeatan dengan Polsek Wonokromo dan juga Kebun Binatang Surabaya. Pemkot Surabaya juga baru-baru ini membangun sebuah jembatan yang sangat ikonik yang letaknya dekat dengan TIJ ini yakni Jembatan Sawunggaling.

  • terminal joyoboyo
  • jembatan sawunggaling
  • sawunggaling
  • TIJ

Baca Juga :

Air Terjun Tegenungan, Rekomendasi Wisata di Gianyar

Kerennya Terminal Joyoboyo Sekarang

Setelah banyak mengalami pembenahan, kini Terminal Joyoboyo memiliki gedung dan sarana yang sangat keren. Bahkan di area atasnya lebih mirip dengan mall dari pada disebut terminal. Di lantai pertama TIJ ini berupa lahan parkir motor sekaligus terminal bus dan juga angkutan umum. Suroboyo Bus dan Semanggi Suroboyo Bus juga melalui terminal satu ini. Selanjutnya di lantai 2 TIJ ini difungsikan sebagai area food court. Banyak kios-kios makanan ada di lantai 2 ini. Tak hanya itu, di lantai 2 ini juga terdapat pusat informasi terminal, tempat pembelian e-tiket, musholla dan juga parkiran mobil. Khusus parkiran mobil TIJ di TIJ ini mulai dari lantai 2 hingga lantai 5 loh.

  • TIJ
  • TIJ joyoboyo
  • terminal joyoboyo
  • informasi TIJ
  • e ticketing TIJ
  • foodcourt TIJ
  • parkir mobil TIJ
  • musholla joyoboyo

Selanjutnya di lantai 3 terdapat sentyra belanja atau shopping center. Hal ini yang membuat Terminal Joyoboyo ini semakin menarik. Tak hanya berfungsi sebagai terminal melainkan juga bisa berfungsi sebagai tempat perbelanjaan masyarakat. Sering juga TIJ ini mengadakan shopping event seperti thrifting di lantai 3 TIJ ini. Kemudian di lantai 4 terdapat arean bermain anak. Area bermain di lantai ini berkonsep transportasi jadi anak-anak sembari bermain juga bisa belajar mengenai transportasi juga. Sedangkan di lantai 5 berfungsi sebagai lahan parkir mobil.

  • terminal joyoboyo sekarang
  • shopping center TIJ
  • shopping center TIJ
  • shopping center TIJ
  • terminal joyoboyo sekarang
  • terminal joyoboyo sekarang
  • area bermain anak TIJ

Also Read :

Pura Ulundanu Bedugul, Pura Indah di Tepi Danau Beratan

Menariknya di Terminal Joyoboyo ini mulai dari lantai 2 hingga lantai 4 dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara sehingga pengunjung tak akan kepanasan selama berada disini. Tak hanya itu di setiap lantai juga terhubung dengan eskalator dan juga lift. Di seluruh lantai pun juga bersih dengan adanya petugas kebersihan yang selalu siaga.

  • lift TIJ
  • eskalator TIJ

Sekian artikelku tentang Terminal Joyoboyo yang kini telah menjadi suatu terminal paling kece di kota Surabaya.

You can’t understand a city without using its public transportation system..

Erol Ozan



Baca juga : Marble Mountains, Wisata Ikonik di Da Nang



Terminal Joyoboyo, Surabaya

Alamat : Jl. Joyoboyo No. 1, Surabaya, Jawa Timur / Google Maps

follow and subscribe my social media :

Read all article aboutOthers

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *