Alur Donor Darah PMI Embong Ploso Surabaya 2021

Alur Donor Darah PMI Embong Ploso Surabaya

Alur Donor Darah PMI Embong Ploso Surabaya

Hallo guys jumpa lagi di blogku. Semoga kalian dalam keadaan sehat selalu. Pada artikel kali ini aku mau berbagi pengetahuan mengenai tata cara dan alur donor darah PMI Embong Ploso Surabaya. Menurut data PMi, hampir setiap delapan detik terdapat satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Bahkan semenjak pandemi Covid-19 melanda, terjadi penurunan angka pendonor hingga 60 persen. Maka dari itu ketika pandemi seperti ini, PMi cukup gencar mengajak masyarakat yang sudah memenuhi syarat donor untuk bersedia mendonorkan darahnya ke PMI.

Menurut keterangan dari Halodoc, terdapat beberapa manfaat apabila kita sering melakukan donor darah yakni, mampu mendeteksi penyakit serius, meningkatkan produksi sel darah merah, panjang umur, serta menjaga kesehatan jantung. Namun sebelum mendonorkan jantung kalian mesti tahu syarat-syaratnya terlebih dahulu. Mengutip dari situs ayodonor.pmi.or.id, berikut syarat-syarat sebelum donor darah :

  1. Sehat jasmani dan rohani
  2. Berat badan minimal 45 kg
  3. Usia 17 – 45 tahun
  4. Tekanan darah sistole 100-170 dan diastole 70-100
  5. Kadar Hb atau hemoglobin 12.5g% s/d 17g%
  6. Dan interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor terakhir

Selain itu terdapat kondisi yang dilarang untuk mendonorkan darah yakni :

  1. Mempunyai penyakit jantung dan paru-paru
  2. Menderita kanker
  3. Memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi)
  4. Menderita kencing manis
  5. Memiliki kecenderungan darah abnormal
  6. Menderita epilepsi
  7. Mengidap sifilis
  8. Menderita atau pernah mengidap hepatitis B atau C
  9. Ketergantungan narkoba
  10. Kecanduan alkohol
  11. Mengidap HIV/AIDS
  12. Dokter melarang untuk donor

Ok setelah mengetahui syarat dan kondisi yang dilarang sebelum mendonorkan darah, setelah ini akan aku jelaskan lokasi dan alur donor darah di PMI Embong Ploso Surabaya.

Lokasi PMI Embong Ploso Surabaya

Untuk lokasi PMI Embong Ploso yakni terletak di Jl. Embong Ploso No.7-15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271. Lokasinya berada di tengah kota Surabaya dan dekat dengan tempat-tempat penting di Surabaya seperti gedung Grahadi, Alun-alun Surabaya, Balai Kota Surabaya, Plaza Surabaya, dan Monumen Bambu Runcing. Maka dari itu tak susah untuk mencari lokasi PMI ini. Sementara untuk hari dan jam bukanya yakni buka setiap hari mulai dari pukul 07.00-19.30. Dan selain untuk donor darah, di PMI Embong Ploso ini juga bisa untuk donor plasma konvalesen bagi penderita Covid-19.

Alur Donor Darah di PMI Embong Ploso Surabaya

Sebelum memasuki gedung PMI, kalian wajib cuci tangan dan cek suhu badan di area pintu masuknya ya guys. Setelah itu pergi menuju tempat pengisian form donor yang terletak di sebelah kana dan kiri setelah pintu masuk tadi. Untuk form warna biru untuk yang baru pertama kali donor, dan warna putih untuk yang donor rutin. Kemudian isilah dengan jujur dan sesuai dengan keadaan tubuh kalian.

Alur Donor Darah PMI Embong Ploso

Setelah mengisi form tadi, letakkan form tersebut di tempat yang telah tersedia di meja ruang Administrasi Donor. Apabila kalian sudah mempunyai kartu pendonor, letakkan beserta kartu tersebut. Dan apabila belum mempunyai, kalian nanti bisa menanyakan ke bagian pendaftaran untuk dibuatkan kartu pendonor. Setelah itu tunggu sebentar hingga nama kalian dipanggil untuk mendapatkan nomor antrian pemeriksaan dokter. Setelah mendapat nomor antrian, tunggu sesuai nomor antrian kalian untuk menjalani pemerikaan dokter. Kalian bisa melihat nomor antrian real time pada layar yang berada di ruang tunggu.

Pemerikaan Dokter dan Cek Hb – Alur Donor Darah PMI

Setelah memasuki ruangan dokter, dokter akan menanyai beberapa hal mulai dari kesehatan saat itu, pernah terjangkit Covid-19 atau tidak, pernah operasi atau bekam beberapa bulan terakhir, berat badan, dll. Namun jangan khawatir untuk yang tidak mengetahui berat badannya, di dalam ruang dokter tersebut tersedia timbangan badan kok. Setelah itu kalian akan di cek tekanan darah oleh dokter dan apabila tak memenuhi syarat, kalian dianggap tak lolos donor saat itu dan bisa kembali lagi di hari-hari berikutnya.

Setelah dinyatakan lolos pemeriksaan dokter, kalian akan diarahakan untuk cek kadar Hb yang letaknya di sebelah ruang dokter tersebut. Dan tunggu sesuai nomor antrian lagi ya. Untuk cek Hb, kalian akan diambil darahnya sedikit dengan cara menyuntikkan jarum di ujung jari kalian. Dan apabila kadar Hb kalian terlalu tinggi atau bahkan kurang, kalian dinyatakan tidak lolos dan bisa kembali di lain hari. Namun apabila lolos, selanjutnya kalian abil nomor antrian untuk pengambilan darah pada mesin di sebelah cek Hb tadi. Kalian bisa memilih untuk donor melalui lengan kiri atau lengan kanan yang terdapat pada mesin nomor antrian tersebut.

Persiapan Sebelum Pengambilan Darah – Alur Donor Darah PMI Embong Ploso

Setelah mendapat nomor antrian, cucilah lengan yang akan diambil darahnya pada tempat cuci tangan. Cuci hingga bersih menggunakan sabun dan air kemudian keringkan dengan tissue. Setelah itu tunggu giliran hingga nomor kalian dipanggil. Kalian bisa melihat antrian real time melalui layar yang terdapat di ruang tunggu di sebelah tempat cuci tangan tadi.

Setelah tiba giliran kalian, pergi ke tempat donor sesuai dengan nomor antrian kalian. Meskipun di dalam ruangan terdapat banyak tempat donor, namun tidak usah khawatir kebingungan karena di setiap tempat terdapat nomor dan kalian pergi sesuai nomor yang terpampang di layar tadi. Setelah itu perawat akan mengarahkan kalian mulai dari persiapan donor hingga donor selesai. Dan kalian gak perlu takut karena perawat-perawat di sini sudah profesional sampai-sampai saat pengambilan darah tidak berasa sakit :).

Donor Darah

Setelah pengambilan darah selesai, perawat akan memberi kalian kertas yang bisa kalian tukar dengan paket makanan dan vitamin yang bisa kalian ambil di ruang istirahat. Biasanya paket tersebut berisi roti, susu, mie instant cup, dan vitamin Corovit utnuk menambah darah. Setelah terasa cukup istirahat atau cukup kuat dan tidak merasakan gejala apapun setelah donor, kalian sudah bisa pergi.

Sekian artikelku mengenai alur donor darah PMI Embong Ploso Surabaya. Jika kalian tertarik untuk mencoba donor darah, kalian bisa mendatangi PMI yang berada di Embong Ploso Surabaya ini atau PMI terdekat di kota kalian.

Ikuti terus artikel-artikelku lainnya..

Baca juga : Saygon Waterpark, Tempat Bermain Air Anak di Pasuruan

PMI Embong Ploso Surabaya

Jam Operasi : Setiap Hari 07.00 – 19.30

Alamat : Jl. Embong Ploso No.7-15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271 / Google Maps

follow and subscribe my social media :

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *