Wreck It Ralph 2012, Villain Game yang Menjadi Baik

Wreck It Ralph 2012

Wreck It Ralph 2012 Movie

Hello guys pada artikel kali ini aku mau mereview salah satu film animasi terbaik yang pernah aku tonton. Film ini berjudul Wreck It Ralph yang rilis pada tahun 2012. Film ini diproduksi oleh Disney dan disutradarai oleh Rich Moore. Untuk beberapa aktor dan aktris ternama juga menjadi pengisi suaranya yakni John C. Reilly (Ralph), Sarah Silverman (Vannelope), Jack McBrayer (Felix Jr.), Jane Lynch (Sersan Calhoun), dsb. Langsung saja menuju alur ceritanya, check it out..

Alur Cerita Film Wreck It Ralph 2012

Plot film ini bertempat di salah satu toko bermain game anak-anak (game arkade) yang mana terdapat banyak sekali game mulai dari balapan, arcade, fighting, dll. Yang mana setiap karakter dari game mempunyai kehidupan dan perasaan sendiri-sendiri dan hidup normal ketika toko game tutup dan tidak ada orang di sana. Karakter utama dari film ini ialah Ralph yang merupakan tokoh jahat pada sebuah game Fix It Felix tahun 80an yang terprogram untuk menghancurkan bangunan, sedangkan tokoh pahlawan dari game ini ialah Felix dan palu ajaibnya yang senantiasa memperbaiki kerusakan-kerusakan yang merupakan ulah Ralph.

Karena aksi Felix tersebut, ia selalu mendapat medali emas dan disayangi oleh karakter-karakter lain dalam game tersebut. Sedangkan Ralph selalu dianggap sebagai penjahat dan semua karakter di dalam game membencinya. Parahnya lagi Ralph selalu tidur sendirian di tempat sampah sedangkan Felix dan karakter lain bisa tidur enak di dalam penthouse.

Wreck It Ralph 2012

Hingga pada suatu saat tokoh-tokoh villain dari banyak game berkumpul dalam satu acara. Ralph pun curhat kepada teman-temannya sesama villain dan mendapat respect dari mereka. Sepulang dari acara dan kembali ke gamenya, Ralph pun dibuat kesal lantaran hanya ia seorang yang tidak diajak untuk merayakan ulang tahun gamenya yang menginjak usia 30 tahun. Ia pun nekat masuk dan seluruh karakter memandangnya dengan sinis. Karakter-karakter lain juga merendahkan Ralph bahwa ialah karakter jahat dan tidak punya medali.

Hingga akhirnya Ralph pun marah dan pergi untuk mencari medalinya sendiri. Ketika Ralph pencari medali di suatu tempat, muncul seorang karakter yang sedang mabuk dan bicara kalau Ralph bisa mendapat medali di game asal pria mabuk tadi. Hingga pada akhirnya Ralph pun mengambil pakaian pria tadi dan menyamar kemudian masuk ke gamenya yang merupakan game action melawan alien yakni Heroes Duty.

Game Fix It Felix yang Out Of Order karena Kepergian Ralph – Wreck It Ralph 2012

Tak lama kemudian toko game kembali buka dan anak-anak yang sudah menunggu beramai-ramai masuk. Game pun berlangsung dan para karakter membantu pemain untuk mengalahkan Cybug (musuh game Heroes Duty). Karena Ralph yang baru masuk permainan ini dan belum mengetahui gamenya, ia pun malah mengacaukan permainan. Bahkan Ralph pun mengeluh ke kamera pemain dan mengarahkan karakter pemain sampai terkena tembakan Cybug hingga pemain tersebut game over dalam permainannya. Selesai permainan berakhir Ralph pun terkena amukan oleh Calhoun yang merupakan komandan dari pasukan Heroes Duty.

Setelah itu scene berpindah ke game Fit It Felix. Anak yang memainkan game Heroes Duty tadi berpindah ke game Fix It Felix. Setelah game dimulai, Felix kebingungan karena Ralph yang seharusnya muncul untuk menghancurkan bangunan pada saat itu tidak muncul-muncul. Hingga membuat seluruh karakter game panik hingga game error dan berjalan sendiri. Hal tersebut membuat anak yang memainkan game tadi melaporkannya kepada pengelola hingga akhirnya game Fix It Felix pun di nonaktifkan pengoperasiannya.

Seluruh karakter pun panik takut game mereka bakal di nonaktifkan selamanya dan mereka kehilangan tempat tinggal. Tak lama kemudian Qbert (karakter dari game lain) masuk dan memberitahu bahwa Ralph pergi ke game lain. Felix pun langsung pergi dan mendatangi game Heroes Duty.

Wreck It Ralph 2012

Ralph Berhasil Mendapatkan Medali dan Membawa Cybug ke Game Lain – Wreck It Ralph 2012

Setelah itu scene berpindah ke game Heroes Duty yang mana Ralph sudah sampai di ruangan medali dengan mudah karena game lagi tidak ada pemain. Ralph pun juga dengan mudah mengambil medalinya dan tanpa sengaja ia menginjak satu telur Cybug. Cybug kecil tersebut menyerang Ralph hingga tanpa sengaja masuk ke pesawat bersama dengan Ralph. Hingga pesawat yang tidak terkontrol tersebut pun masuk dan mendarat di game Sugar Rush.

Ralph pun berhasil keluar sedangkan Cybug tenggelam ke dalam kolam blueberry. Ralph yang melihat medalinya tergantung di atas pohon bergegas mengambilnya hingga ia bertemu gadis kecil bernama Vannelope. Vannelope pun mengerjai Ralph dan mengambil medalinya, sampai-sampai Ralph pun memohon agar Vannelope mengembalikan medalinya. Namun Vannelope tidak menghiraukan permintaan Ralph.

Calhoun bersama dengan Felix berdiri di depan portal game Sugar Rush berbicara bahwa Cybug itu seperti virus yang dapat menghancurkan permainan. Dan ternyata calon suami Calhoun dulu meninggal akibat serangan Cybug. Kemudian Calhoun bersama Felix masuk ke game Sugar Rush untuk membasmi Cybug. Scen berpindah ke game Sugar Rush, para pembalap harus memberikan koin untuk ikut turnamen termasuk King Candy.

Ralph dan Vannelope Bekerjasama Mendapatkan Medali – Wreck It ralph 2012

Setelah semua pembalap memberikan koin, Vannelope memberikan medali Ralph sehingga ia bisa ikut balapan. Seluruh karakter yang melihat hal tersebut kaget karena Vannelope merupakan karakter yang rusak (terdapat glitch pada diri Vannelope). Security dan Ralph pun datang untuk mengejarnya. Namun Vannelope berhasil kabur dan malah Ralph yang tertangkap.

Seluruh karakter tidak mau jika Vannelope ikut bertanding termasuk sang raja. Ralph pun diinterogasi dan mengatakan bahwa koin yang dipakai Vannelope merupakan medalinya yang ia dapat dari game lain. “kamu gak ingin jadi turbo yang merusak permainan lagi kan Ralph?” kata sang raja.

Setelah kabur Ralph melihat Vannelope yang dibully dan mobilnya dirusak oleh karakter-karakter lain. Ralph pun mencoba menolong dan para pembully pun pergi. Vannelope dan Ralph berbicara tentang medalinya namun Vannelope ngomong jika medali tersebut tidak bisa kembali saat itu juga dan mesti memenangkan balapan jika ingin medalinya kembali. Akhirnya Vannelope dan Ralph pun bekerja sama untuk memenangkan balapan.

Vannelope

Turbo yang Merusak Game – Wreck It Ralph 2012

Di sisi lain Felix menjelaskan soal Turbo, dulu ada game bernama Turbotastic yang sangat booming, seiring berjalannya waktu datanglah game-game lain hingga Turbotastic terlupakan. Karakternya yang bernama Turbo pun iri dan membajak game lain hingga rusak. Setelah itu scene memperlihatkan bahwa Cybug masih hidup di bawah tanah. Kembali ke Ralph dan Vannelope yang bersama-sama membuat mobil. Meskipun hasilnya kurang bagus, namun Vannelope terlihat sangat senang. Hingga akhirnya raja pun datang dan mengejar mereka berdua.

Ternyata Vannelope tidak bisa nyetir sehingga membuat Ralph lah yang mendorong menggunakan tangannya untuk melaju menghindari sang raja. Ralph pun marah mengetahui Vannelope tidak bisa nyetir dan menjelaskan bahwa apabila ia tidak mendapat medali ia akan terus tinggal di tempat sampah. Ralph pun melihat danau cola yang terdapat mentos di atasnya dan terdapat sirkuit yang belum jadi di area tersebut. Ternyata Vannelope juga tinggal di situ sendirian karena tak satupun karakter di game yang menganggapnya ada. Vannelope pun juga tidak bisa keluar dari game ini karena ia adalah karakter rusak.

Vannelope's home

Baca juga : Bukit Jaddih Madura, Wisata Populer Tebing Kapur Bekas Tambang

Merasa Vanneople senasib dengan dirinya, Ralph pun membuat sirkuit untuk Vannelope berlatih. Vannelope pun senang dan berlatih dengan serius. Raja pun memasuki pengaturan sistem game dan mengambil medali Ralph, kemudian menghapus nama Vannelope dari daftar turnamen. Di scene lain Felix dan Calhoun berada di dalam pesawat. Felix yang berbicara sesuatu kepada Calhoun membuat Calhoun teringat akan masa lalunya sehingga mengusir Felix dari pesawat. Kemudian Felix pergi menemui raja namun ia malah dijebloskan ke penjara.

King Candy

Kebohongan Raja Kepada Ralph

Setelah itu raja pergi menemui Ralph yang hendak berangkat untuk turnamen. Raja memberikan Ralph medalinya dan berbicara bahwa apabila Vannelope mengikuti turnamen, pemain akan mengira bahwa gamenya rusak akibat glitch Vannelope dan mematikan game untuk selamanya. Dan jika itu terjadi Vannelope yang tidak bisa keluar dari game akan mati selamanya. Raja meminta Ralph untuk mempertimbangkan perkataanya tadi. Tak lama kemudian Vannelope datang dengan membawa Medali yang ia buat sendiri untuk Ralph.

medali ralph

Setelah itu Ralph menceritakan apa yang disampaikan oleh raja permen. Vannelope pun marah dan kecewa kepada Ralph namun tetap bersikukuh untuk ikut turnamen. Namun karena ia yang menyayangi Vannelope dan tak ingin gamenya nonaktif, Ralph pun menghancurkan mobil Vannelope.

Ralph pun pulang ke gamenya sendiri dengan membawa medalinya, namun hanya terdapat satu orang di sana.Ia baru mengetahui kalau gamenya akan nonaktif dan ia juga menjelaskan bahwa ia capek dibenci dan tinggal sendirian di tempat sampah. Namun ia malah ditinggal sendirian di game. Ia pun menyesal dan melempar medalinya mengenai layar hingga kertas ‘out of order pun’ terjatuh. Ia pun melihat konsol game di seberang yakni Sugar Rush ikonnya ialah Vannelope.

Ralph pun pergi menemui Permen Batu yang merupakan pembantu raja dan memaksanya untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Permen Batu pun mengatakan bahwa raja lah yang menghapus Vannelope dari program dan mengunci ingatan para karakter game Sugar Rush. Ia juga mengatakan kalau Vannelope mencapai garis finish, permainan akan restart dan Vannelope tidak akan rusak lagi.

Wreck It Ralph 2012

Calhoun Mengetahui Bahwa Cybug Telah Berkembang Biak Sangat Banyak

Berpindah scene, Calhoun yang berjalan terperosok ke bawah tanah dan melihat banyak sekali telur Cybug di sana. Ralph juga menemukan Felix di dalam penjara dan memintanya untuk memperbaiki mobil Vannelope dengan palunya. Mobilnya pun kembali dan ia memberikannya kepada Vannelope dan meminta maaf kepadanya. Turnamen pun dimulai dan Vannelope pun menyusul. Meskipun selama turnamen melalui banyak tantangan dan rintangan, Vannelope pun tak gentar. Ketika Ralph dan Felix menonton Vannelope bertanding, Calhoun datang dan langsung memukul Ralph. Tak berselang lama ribuan Cybug keluar dari dalam tanah hingga terjadi kekacauan di sana.

Raja yang mengetahui Vannelope ikut balapan dengan sengaja menabraknya. Ketika raja menyerang Vannelope dan menyentuhnya, tubuh raja juga ikut mengalami glitch seperti Vannelope. Dan ketika glitch tubuh raja menjadi Turbo. Dan ketika Turbo hendak menabrakkannya ke dinding, Vannelope mengendalikan glitchnya hingga berhasil lolos dari raja.

Karena keadaan yang sudah kacau, Vannelope pun tidak bisa menyentuh garis finish dan semua karakter pun berencana untuk keluar dari game. Namun sayang Vannelope terhalang dan tak bisa keluar. Saat itu juga Calhoun bilang kalau yang bisa menghentikan Cybug hanyalah suar. Ralph pun mendapat ide untuk menghancurkan gunung mentos yang di bawahnya terdapat kolam Cola tempat tinggal Vannelope. Ia pun pergi ke atas gunung mentos dan mulai memukuli mentos sehingga berjatuhan ke Cola.

Ketika sedang menghancurkan gunung mentos, raja alias Turbo datang dan tubuhnya berubah menjadi seperti Cybug kemudian menyerang Ralph. Ralph dibawa terbang oleh Turbo kemudian dijatuhkan dari ketinggian. Sambil memegang medali dari Vannelope, Ralph mengepalkan tangannya hingga akhirnya memukul dengan keras gunung mentos sampai hancur dan mengenai kolam Cola yang ada di bawah. Vannelope dengan cepat menolong Ralph dengan mengendarai mobil sebelum tubuh Ralph menyentuh Cola. Gunung mentos pun meledak dan membuat ribuan Cybug dan Turbo mengikuti cahayanya yang seperti suar. Cybug dan Turbo pun berhasil musnah terkena suar Cola tersebut.

Kemenangan Ralph Mendapatkan Hati Semua Orang – Wreck It Ralph 2012

Semua karakter pun bergembira termasuk Felix dan Calhoun. Vannelope pun berhasil melewati garish finish dengan mobilnya. Kemudian semua program game pun terefresh dan Vannelope pun berubah menjadi putri. Ingatan para karakter pun kembali dan semua meminta maaf pada Vannelope. Namun Vannelope tidak mau menjadi putri dan memilih untuk menjadi karakter pembalap biasa. Vannelope juga meminta Ralph untuk tinggal di game Sugar Rush karena tidak akan ada yang merendahkannya lagi. Namun Ralph menolak dengan alasan hal tersebut sudah menjadi pekerjaannya.

Setelah kembali ke game Fix It Felix, karakter lain kini lebih menghargai Ralph. Ia juga memberikan tempat tinggal untuk karakter game lain yang gamenya sudah tidak aktif. Felix juga menikah dengan Calhoun. Vannelope juga menjadi karakter favorit di game Sugar Rush berkat kekuatan glitchnya yang sudah bisa ia kendalikan.

Sekian alur cerita film Wreck It Ralph 2012. Banyak Inspirasi yang bisa kita ambil dari film ini salah satunya hargai dan apresiasilah semua orang karena kita tidak tahu perjuangan apa saja orang tersebut telah lewati. Buat kalian yang suka film animasi dengan cerita yang bagus, cobalah untuk menonton film ini. Jadilah diri sendiri, karena setiap orang mempunyai perannya masing-masing.. 🙂

Thank you dan ikuti terus artikel-artikelku selanjutnya..

Baca juga : Film Chef 2014 – Review Film Chef yang Menginspirasi

Film Wreck It Ralph 2012

Duration : 1 h 41 m

Genre : Animatin, Comedy, Adventure

Release : 30 May 2014 (USA)

Ulasan IMDB

Rate : 7.7 / 10

follow and subscribe my social media :

Artikel yang Direkomendasikan

1 Komentar

  1. Film seru.. wajib nonton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *