Nightcrawler 2014, Ketika Orang Sadis Menjadi Jurnalis

nightcrawler movie 2014

Nightcrawler 2014 Movie

Hi guys kembali lagi di blogku. Kali ini aku mau nulis alur cerita film bergenre drama, kriminal dan thriller yang pemerannya ialah Jake Gyllenhaal sebagai Lou Bloom, Rene Russo sebagai Nina, Riz Ahmed sebagai Rick, dan Bill Paxton sebagai Joe Loder. FIlm ini sukses membukukan keuntungan hingga 38.7 juta USD serta memperoleh beberapa penghargaan sekaligus mendapat review yang positif dari para kritikus film. Film ini berjudul Nightcrawler yang rilis pada tahun 2014. Langsung saja menuju alur ceritanya, check it out..

Alur Cerita Film Nightcrawler 2014

Film diawali dengan Lou Bloom yang berada di suatu tempat dan sedang mencuri pagar kawat dengan mengguntingnya untuk dijual. Tak lama kemudian petugas keamanan datang dan menegur Lou karena memasuki area terlarang tersebut. Lou pun mengaku tersesat namun petugas tak percaya dan meminta Lou menunjukkan identitasnya. Saat memeriksa identitas lou, petugas sempat lengah lalu Lou pun menyerangnya. Lou pun mengendarai mobil dengan memandangi sebuah jam tangan petugas yang ia ambil tadi. Tak hanya itu, di belakang mobilnya sudah terdapat kawat pagar yang ia berhasil curi juga.

Lou pun membawa hasil curiannya tersebut ke pengepul. Ia juga bertanya apakah ada pekerjaan di tempat pengepul tersebut, namun sang pengepul berkata bahwa ia tak mau mempekerjakan seorang pencuri. Ia pun kemudian pergi. Ketika perjalanan pulang, Lou melihat sebuah kecelekaan di jalan. Ia melihat terdapat beberapa wartawan dan meliput kecelakaan tersebut. Lou yang penasaran bertanya kepada wartawan tersebut yang bernama Joe. Joe menjelaskan bahwa ia mengambil gambar tersebut untuk dijualnya kepada stasiun televisi. Lou yang tertarik bertanya kepada Joe apakah ia butuh rekan, namun Joe tak membutuhkan rekan saat itu. Tak lama kemudian radio Joe berbunyi dan menerangkan bahwa ada kecelakaan di tempat lain. Joe dan rekannya saat itu langsung berangkat menuju tempat tersebut meninggalkan Lou.

Baca juga : Bukit Campuhan ubud, Bukit Cinta Bali yang Menawan

Lou Memulai Menjadi Wartawan

Lou yang sedang berada di rumah dan menonton berita di TV, ia melihat rekaman kecelakaan wartawan semalam. Scene berganti ke sebuah pantai dan Lou berhasil mencuri sebuah sepeda di tempat tersebut. Ia membawanya ke sebuah toko untuk menjualnya dan berhasil menukan sepeda tersebut dengan sebuah handycam dan radio polisi. Setelah mendapat apa yang ia inginkan, Lou pun memulai aksinya menjadi seorang wartawan.

Lou dengan siaga mendengar radio polisi dan setiap ada insiden ia dengan cepat menuju ke lokasi dan mulai merekam. Tak jarang ia mendapat usiran dan amarah dari petugas yang berada di lokasi. Hingga pada suatu malam ia mendapat berita bahwa ada sebuah insiden perampokan di jalan. Ia merekam kejadian perampokan tersebut dari jarak yang sangat dekat hingga ia diusir. Tak lama kemudian ia bertemu dengan wartawan lain dan menguping tentang bagaimana wartawan tersebut menjual rekaman ke stasiun televisi. Kemudian ia pergi ke satu stasiun televisi KWLA6 yang merupakan stasiun TV lokal untuk menjual rekamannya.

Di stasiun TV tersebut, Lou bertemu dengan Nina yang merupakan pemimpin redaksi berita stasiun TV tersebut. Nina pun tertarik dengan hasil rekaman Lou yang hasil rekamannya tersebut terlihat jelas dengan jarak yang dekat sehingga tubuh korban yang penuh darah juga terlihat. Lou dan Nina pun akhirnya sepakat tentang harga dan Nina membelinya di harga USD250 dan menyarankan lou untuk membeli alat jurnalistik baru.

Lou Mulai Mempekerjakan Rick Sebagai Asisten Jurnalistiknya

Pagi harinya ia menonton berita pagi yang memuat hasil rekamannya yang ia jual tadi. Ia pun tambah antusias dengan jurnalistik dan lebih mempelajari kode-kode di radio kepolisian. Lalu ia merekrut seorang karyawan yang bernama Rick untuk menjadi asistennya. Rick mendapat tugas untuk membantu mendengarkan kode kepolisian serta sebagai navigator saat berkendara. Ia pun dilatih untuk hafal dengan kode-kode tersebut terutama untuk kejadian yang ekstrim seperti kecelakaan, perampokan, pembunuhan, dll.

Rick yang masih baru sempat kebingungan dengan navigasi jalan hingga sempat terlambat menuju ke lokasi kebakaran dan Lou tak sempat mengambil gambar. Tak lama kemudian terdapat kejadian penembakan di suatu tempat. Mereka pun langsung menuju ke lokasi. Lou pun mulai meliput sementara Rick menunggu di mobil. Demi konten yang lebih menjual, Lou pun nekat masuk ke rumah korban dan mengambil surat-surat korban serta foto-foto keluarganya.

Nina sang pimpinan redaksi sangat puas dengan hasil shooting Lou namun rekannya Frank menentangnya karena video tersebut diambil secara sembunyi-sembunyi. Namun Nina tetap bersikeras untuk membeli dan menayangkan hasil video Lou. Lou sangat senang dengan hal tersebut hingga ia bekerja keras setiap waktu bahkan bisa membeli mobil baru untuknya bekerja.

Baca juga : Hotel Majapahit Surabaya, Hotel Indah yang Bersejarah

Sisi Jahat Lou yang Lebih Mementingkan Hasil Berita daripada Korban – Nightcrawler

Suatu malam Lou dan Rick mendengar sebua kecelakaan dari radio. Mereka meluncur ke TKP dan menjadi orang pertama yang tiba bahkan sebelum polisi dan tim medis. Hal tersebut dimanfaatkan Lou untuk mengambil gambar secara eksklusif bahkan ia dengan tega memindahkan jasad korban tanpa berusaha menolongnya demi hasil video yang lebih menarik. Kemudian ia menjual video tersebut ke Nina dan Nina tampak senang.

Lou Bloom

Keesokan harinya Lou didatangi oleh Joe dan menawarkan untuk bekerja dengannya. Namun Lou menolak dan merasa bahwa ia sekarang lebih sukses dari pada Joe. Joe pun pergi sambil marah dan mengumpat pada Lou. Scene berganti ke tempat Lou dan Nina yang sedang makan di sebuah restoran. Lou mengajak Nina untuk berkencan namun sayangnya Nina menolak dan beralasan bahwa ia ingin hubungannya tetap profesional. Namun Lou bersikeras dan mengancam akan menjual setiap hasil rekamannya ke TV lain.

Lou Melakukan Apapun Demi Karirnya – Nightcrawler

Scene berpindah ke sebuah kecelakaan pesawat. Namun Joe datang lebih dulu di TKP dan berhasil mendapat rekaman. Ia pun mengolok Lou karena tak mau bergabung dengannya. Lou kemudian pergi ke KWLA6 dengan membawa rekaman sebuah kecelakaan mobil. Namun Nina sangat marah karena yang ia inginkan ialah rekaman kecelakaan pesawat yang sedang trending. Lou pun frustasi karena tak mendapat rekaman tersebut.

Keesokan harinya Lou pergi ke kediaman Joe dan mulai menyabotase mobil Joe. Malam harinya Joe pun mengalami kecelakaan dan Lou yang sudah merencanakan hal tersebut merekam kecelakaan Joe bahkan dari dekat.

Lou yang Memanfaatkan Tragedi Perampokan – Nightcrawler

Suatu malam terjadi peristiwa perampokan di suatu komplek perumahan elite. Lou dan Rick yang bergegas sampai di TKP sebelum pihak polisi datang. Lou masuk ke halaman rumah korban sebelum para perampok meninggalkan TKP. Ia berhasil mendapat plat nomor kendaraan para perampok tersebut. Ia mulai merekam para korban yang sudah tewas bersimbah darah serta senjata api pelaku yang masih tertinggal. Ia pun merekam segala sesuatu tentang rumah dan korban sedramatis mungkin demi nilai jual yang tinggi. Dan tak lama kemudian ia dan Rick pergi meninggalkan TKP saat polisi mulai berdatangan.

Kemudian Lou pergi ke tempat Nina dan mulai memutar video tersebut di depan Nina dan timnya. Tim Nina berkata bahwa video tersebut melanggar etika jurnalistik namun Nina bersikeras untuk membelinya dan yakin rekaman tersebut akan sangat viral. Lou pun menawarkan video tersebut denga harga yang sangat mahal dan mengancam akan menjualnya ke TV lain.

Baca juga : Pantai Prigi, Pantai Favorit di Trenggalek

Kecerdikan Lou Memanfaatkan Situasi Demi Karirnya – Nightcrawler

Sebelum memberikan video tersebut ke Nina, Lou sudah memotong-motong video utuhnya hingga bagian penting seperti adegan yang nampak plat nomor kendaraan pelaku tidak termasuk. Ia berharap tragedi perampokan ini menjadi situasi yang akan menjual rekamannya tersebut menjadi lebih mahal. Lou pun berkata pada Nina bahwa ia juga memiliki video lain yang masih berkelanjutan dengan video pertama.

Lou pun juga menawarkan video tersebut dengan syarat studio jurnalistiknya bisa ikut dicantumkan ketika berita disiarkan, serta ia ingin dikenalkan dengan para manajer KWLA6. Akhirnya Nina pun menuruti keinginan Lou demi karirnya. Tak lama kemudian berita tersebut tayang dengan sensor setiap korban dan tak ketinggalan presenter juga menyebutkan rumah produksi milik Lou.

Lou Diperiksa Detektif Mengenai Tragedi Perampokan – Nightcrawler

Keesokan harinya 2 orang detektif datang ke rumah Lou untuk menyelidiki tentang perampokan tersebut. Lou pun mendapat beberapa pertanyaan mengenai kejadiannya. Ia menjelaskan bahwa ia berniat membantu korban dan tak tahu apapun mengenai pelaku. Stelah 2 detektif pergi, ia melihat videonya yang berisi plat nomor pelaku dan mencari alamat pelaku berdasarkan plat nomor tersebut.

Malam harinya ia dan Rick pergi ke rumah perampok dan mengintainya dari luar. Rick yang mengetahui imbalan Lou meminta untuk dinaikkan gajinya dan mengancam untuk melaporkan semua rencana Lou menutupi identitas pelaku ke polisi. Rick pun malah meminta semua hasil Lou dibagi rata dengan Rick. Tak lama kemudian para pelaku perampokan muncul dan pergi menuju ke restoran. Lou dan Rick pun membuntutinya.

Baca juga : Review THE INTERNSHIP 2013 – Sales Gaptek Magang di Google

Terjadi Adu Tembak Antara Perampok dan Polisi – Nightcrawler

Setelah para perampok tiba di restoran, Lou segera menelepon polisi dan menerangkan bahwa pelaku perampokan di rumah elite ada di sebuah restoran dan mungkin saja membawa senjata. Tak lama kemudian dari radio kepolisian, pihak polisi mulai menuju ke lokasi. Lou memerintah Rick untuk bersiap merekam dari dekat restoran dan Lou merekam dari mobil, namun rick menolak dan malah bertingkah arogan. Namun Lou bersikeras dan akhirnya Rick menuruti petintah Lou.

Tak lama kemudian polisi pun datang hingga akhirnya terjadi adu tembak. Salah satu perampok dan satu polisi tertembak sementara satu perampok lainnya berhasil melarikan diri menggunakan mobil. Terjadi aksi kejar-kejaran antara perampok dan polisi serta Lou dan Rick merekam dari belakang. Hingga akhirnya mobil polisi dan perampok mengalami kecelakaan dan terguling.

Rick Menjadi Korban Penembakan Pelaku Perampokan – Nightcrawler

Lou pun turun dari mobil untuk melihat pelaku perampokan yang mengalami kecelakaan. Ia kemudian meminta Rick untuk merekamnya dari dekat dan mengatakan bahwa pelaku perampokan sudah tewas. Rick pun mendekat untuk merekamnya. Namun ternyata pelaku perampokan tersebut masih sadar dan kemudian ia mengambil pistol dan menembak Rick hingga tewas. Pelaku tersebut kemudian melarikan diri namun tak lama polisi datang dan menembakinya hingga tewas.

Baca juga : Film Chef 2014 – Review Film Chef yang Menginspirasi

Semua peristiwa tersebut berhasil Lou rekam dan Lou dengan sengaja menjebak Rick karena ia merasa sudah Rick mulai mengancam. Scene pun berganti dimana Lou dan Nina sedang berbicara. Nina turut berduka atas kematian Rick namun disisi lain ia sangat puas atas video rekaman Lou tersebut. Kemudian detektif datang ke kantor KWLA TV untuk meminta semua rekaman kejadian. Namun Nina menolak karena hal tersebut merupakan properti milik KWLA TV. Rekan Nina pun juga menjelaskan berdasarkan keterangan polisi bahwa perampokan tersebut bukanlah perampokan rumah biasa melainkan perampokan narkoba. Tapi Nina tetap bersikukuh kalau hal tersebut dipublikasikan justru akan mengurangi nilai jual berita ke masyarakat.

Lou yang Menyembunyikan Kebenaran dari Detektif – Nightcrawler

Scene berikutnya terlihat Lou yang diinterogasi oleh detektif. Ia pun menjelaskan bahwa ke detektif bahwa ia tiba-tiba teringat wajah para perampok tersebut kemudian membuntutinya. Sang detektif pun sebenarnya curiga kalau Lou berbohong namun ia tak memiliki bukti untuk menjerat Lou. Lou pun akhirnya keluar dari kantor polisi dengan santainya.

Scene pun berlanjut dimana Lou sekarang mempekerjakan 3 karyawan magang. Ia pun menjajikan mereka apabila kinerja mereka bagus, ia akan mengangkat mereka menjadi karyawan tetap.

Sekian alur cerita film Nightcrawler 2014 yang aku tulis. Bagi kalian yang suka film bergenre kriminal thriller, film ini sangat recommended buat kalian tonton.. 🙂

Thank you dan ikuti terus artikel-artikelku selanjutnya..

Baca juga : Wreck It Ralph 2012, Villain Game yang Menjadi Baik

Nightcrawler 2014

Duration : 1 h 57 m

Genre : Drama, Crime, Thriller

Release : 31 Oktober 2014 (USA)

Ulasan IMDB

Rate : 7.8 / 10

follow and subscribe my social media :

Read all article aboutMovie

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *