Kuliner Surabaya yang Harus Kalian Coba

semanggi surabaya kuliner di surabaya

Kuliner Surabaya yang Patut Kalian Coba

Kota Surabaya memang tidak ada habisnya untuk dibahas mulai dari wisatanya, sejarahnya, sepak bolanya hingga kulinernya. Kuliner di Surabaya ini sangat beragam dan terkenal dengan rasanya yang enak-enak. Nah kali ini aku mau menulis tentang kuliner-kuliner di Surabaya yang bisa kalian coba.

1. Tahu Telor Pak Jayen

Tahu telor merupakan kuliner upgrade dari tahu tek khas Surabaya. Isian dan bumbu dari tahu telor juga sama dengan tahu tek yakni terdiri dari lontong, tahu, kentang, bumbu kacang, kecambah, kerupuk ditambah dengan telur dadar goreng. Nah salah satu tahu telor terenak di Surabaya menurutku ialah tahu telor Pak Jayen ini. Alamatnya di Jl. Dharmahusada No.112, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60115. Selain itu harganya pun terbilang murah, untuk satu porsi tahu telor ini dibannderol seharga Rp.17.000. Untuk jam bukanya, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 17.00-23.00. Klik for GoogleMaps.

Surabaya food
source : sandiscover

2. Soto Ayam Cak Pardi

Nah untu kuliner satu ini sangat cocok untuk dimakan ketika pagi hari yakni soto ayam Cak Pardi. Soto ayam Cak Pardi ini setiap paginya selalu ramai dikunjungi baik dari warga Surabaya hingga warga luar kota. Selain itu banyak juga pegowes pagi yang sering mampir ke tempat ini untuk sarapan. Letaknya berada di pusat kota Surabaya yang tepatnya berada di Jl. Embong Malang No.20, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60261. Lokasinya berada di seberang Tunjungan Plaza 6 jadi sangat mudah untuk menuju ke lokasi ini. Harga semangkuk soto juga murah yakni Rp.15.000. Untuk rasanya tak perlu ditanya lagi dan terbukti dengan banyaknya pengunjung setiap paginya. Klik for GoogleMaps.

Soto Ayam Cak Pardi
source : sandiscover

Selanjutnya di Kuliner Surabaya

3. Pecel Semanggi Surabaya

Untuk kuliner yang satu ini merupakan kuliner khas Surabaya yang menjadi kuliner andalan yakni pecel semanggi Surabaya. Seporsi pecel semanggi ini terdiri dari daun semanggi, taoge, bumbu pecel dan kerupuk beras. Disajikan menggunakan daun pisang yang dipincuk dan dimakan memakai kerupuk beras tadi. Sebenarnya cukup susah-susah gampang mencari penjual pecel semanggi Surabaya namun kini mulai sedikit mudah untuk mencarinya terlebih dengan banyaknya di spot wisata maupun event-event kota seperti Car Free Day dan Tunjungan Romansa. Namun yang lebih pasti keberadaan dan pusatnya pecel semanggi ini ada daerah Benowo. Tepatnya berada di Jl. Alas Malang, Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo. Harganya pun murah berkisar antara Rp.8000 hingga Rp.10.000 saja. Klik for GoogleMaps.

Pecel Semanggi
source : sandiscover

4. Pecel Suzanna

Makanan kali ini sebenarnya ada di hampir setiap daerah namun tempat makan ini sudah menjadi favorit masyarakat Surabaya. Tempat makan ini ialah Pecel Suzanna. Pecel Suzanna ini buka setiap hari mulai pukul 02.00 dini hari hingga pukul 09.00. Untuk harga satu porsi nasi pecelnya pun berkisar antara Rp.9.000 hingga hingga Rp.23.000 untuk nasi pecel daging. Selain itu kalian juga bisa mengambil beragam lauk lain seperti ayam, bakwan, tempe, telor bali, ati dan ampela, usus, bothok, pepes ikan, dan masih banyak lagi. Kisaran harga lauk nya pun beragam mulai dari IDR1.000 sampai dengan IDR9.000. Pecel Suzanna ini berlokasi di Jl. Kertajaya No.163-165, Kertajaya, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60282. Klik for GoogleMaps.

pecel suzanna kertajaya kuliner di surabaya
source : sandiscover

Selanjutnya di Kuliner Surabaya

5. Bebek Purnama Asli

Bicara tentang kuliner Surabaya tak lengkap jika tak ada bebek Surabaya. Nah bebek satu ini sudah sangat terkenal di Surabaya namun hanya di satu tempat ini yang asli. Tempat makan ini ialah Bebek Purnama Asli (Tidak Buka Cabang). Bebek Purnama ini sudah ada sejak tahun 90an. Asal nama Purnama karena lokasinya yang berada di seberang bioskop Purnama. Satu porsi nasi Bebek Purnama ini terdiri dari satu potong bebek goreng, nasi hangat, serundeng, sambal dan lalapan. Setiap harinya bebek ini selalu ramai pengunjung dan tak jarang hingga antri-antri. Untuk satu porsi nasi bebek harganya Rp.20.000. Sedangkan bebek Purnama ini berlokasi di Jl. Dinoyo, Keputran, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60265. Klik for GoogleMaps.

Bebek Purnama kuliner di surabaya
source : sandiscover

6. Sate Kelapa Dinoyo

Kuliner ini merupakan salah satu kuliner khas kota Surabaya yang paling ramai. Biasanya masyarakat lebih sering mengunjungi sate kelapa Ondomohen namun untuk sate kelapa kali ini juga tak kalah dengan sate kelapa Ondomohen yakni sate kelapa Dinoyo. Banyak penjual sate kelapa yang berjualan di sepanjang jalan ini, namun yang lebih terkenal ialah sate kalapa bu Siti. Seporsi sate kelapa Bu Siti ini harganya Rp.15.000 dan berisi satu piring nasiplus 6 tusuk sate kelapa lengkap beserta bumbu kacang. Kalian juga bisa memilih mau dengan lontong atau nasi. Sate kelapa ini terletak di Jl. Dinoyo (Seberang Roti Susanna), Surabaya. Jam bukanya Setiap hari mulai pukul 06.00 hingga habis. Klik for GoogleMaps.

sate klopo surabaya kuliner di surabaya
source : sandiscover

Sekian artikelku tentang kuliner di Surabaya yang wajib banget kalian coba. Semoga artikel inibisa menjadi referensi kalian dalam memilih kuliner di Surabaya ya..

Food may be essential as fuel for the body, but good food is fuel for the soul..

Malcom Forbes



Baca juga : 4 Destinasi Wisata di Pulau Phu Quoc yang Wajib Kamu Kunjungi

follow and subscribe my social media :

Read all article aboutFood

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *