Bebek Purnama Asli, Yang Tidak Buka Cabang

Bebek Purnama


Bebek Purnama, Dinoyo, Surabaya

Hello guys welcome back to my blog sandiscover. Di artikel episode kali ini aku mau membahas salah satu kuliner di Surabaya yang wajib banget untuk kalian coba yakni bebek Surabaya. Memang kota Surabaya tak bisa terpisah dengan kuliner bebek gorengnya dengan perpaduan nasi hangat, sambal serta lalapannya yang sangat menggugah selera. Dan salah satu bebek Surabaya yang sangat recommended untuk kalian coba ialah Bebek Purnama yang asli.

bebek purnama asli tidak buka cabang

Bebek Purnama ini merupakan salah satu kuliner bebek yang sudah ada sejak tahun 90an. Asal muasal bernama Purnama ialah karena lokasinya yang berada di seberang bioskop Purnama. Dahulu bioskop Purnama ini merupakan bioskop paling ramai di kota Surabaya sehingga penjual makanan yang berada di sekitar bioskop juga mendapatkan keuntungan dari bioskop tersebut. Seiring berjalannya waktu bioskop Purnama pun tutup namun warung ini masih berdiri dan masih menggunakan nama Purnama hingga saat ini.

Baca Juga :

Bangla Road, Wisata Malamnya di Phuket

Tanah Lot Bali, Destinasi Wisata Unggulan di Bali

Karena sudah mempunyai nama yang cukup besar, pada akhirnya Bebek Purnama ini banyak yang meniru bahkan menggunakan nama besarnya tersebut. Hampir di seluruh kota Surabaya, Gresik, Sidoarjo terdapat warung-warung bebek yang mengatasnamakan bebek satu ini. Bahkan dulu ketika aku liburan ke Bali menggunakan jalur darat dan beristirahat makan malam di kota Probolinggo, aku makan di warung bebek yang merupakan jiplakan Bebek Purnama ini. Di spanduk tenda nya mereka memberi nama warung mereka dengan sebutan “Cabang Purnama”. Namun pemilik warung yang aslinya menuturkan bahwa hanya warungnya lah yang merupakan Bebek Purnama asli dan menulis di spanduk warung mereka dengan “Tidak Buka Cabang”.



Lokasi Bebek Purnama

Untuk lokasinya Bebek Purnama ini beralamat di Jl. Dinoyo, Keputran, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60265. Persisnya berada di seberang bioskop Purnama yang sekarang sudah berganti menjadi Hotel Istana Permata. Lokasi bebek ini juga sangat dekat dengan pasar Keputran. Dan perlu kalian ketahui bahwa warung bebek ini tidak memiliki toko (bangunan) dan hanya berupa tenda-tenda warung khas Pedagang kali lima.

Baca Juga :

Surabaya Bali Naik Kereta Api Pertama Kali 2019

Selain itu karena lokasinya yang berada di pinggir jalan yang sangat ramai sehingga agak susah untuk cari tempat parkir bagi kalian yang membawa kendaraan roda empat. Sehingga bagi kalian yang membawa kendaraan roda empat sebaiknya melewati jalan Pajajaran dan memarkirkan kendaraan di jalan tersebut. Dan tak usah khawatir karena terdapat petugas parkir di warung satu ini. Untuk jam buka nya, warung ini buka mulai pukul 16.00 dan tutup sekitar pukul 23.00 atau sampai habis. Range harga makannya pun terbilang cukup murah untuk warung di kota Surabaya yakni berkisar IDR.20.000 untuk seporsi nasi bebek dan sudah termasuk nasi, bebek, serundeng, sambal dan lalapan. Sementara untuk lauk lain seperti ayam, hati, tahu, tempe bisa lebih murah.

Nikmatnya Bebek Purnama

Seporsi nasi Bebek Purnama terdiri dari satu potong bebek goreng, nasi hangat, serundeng, sambal dan lalapan. Potongan bebeknya cukup besar walau harganya cuma 20ribu. Tekstur dagingnya juga empuk ketika digigit dan masih juicy serta rasa bebeknya pun nikmat dan gurih. Yang tak ketinggalan ialah serundengnya bersama bebek dan nasi yang masih hangat sangatlah cocok dan ngeblend di lidah. Ditambah sambalnya yang lumayan pedas sehingga menambah nafsu makan. Tak heran jika setiap harinya bebek ini selalu ramai pembeli karena harganya yang murah serta rasa makanannya yang sangat enak.

Bebek Purnama
source : travellingyuk.com

Also Read :

Bukit Jaddih Madura, Wisata Populer Bekas Tambang

Selain bebek ada juga pilihan lauk lain di warung ini seperti ayam, ati ampela, tahu, dan tempe. Untuk harga ayamnya tak jauh beda dengan harga bebek sementara harga tahu dan tempe gorengnya sekitar IDR1.000. Karena lokasinya yang berada di pinggir jalan serta dekat dengan pasar, serta meja makan di warung juga tak banyak-banyak amat sehingga bagi kalian yang kurang suka dengan suasana ramai atau kehabisan tempat, bisa memilih opsi untuk dibungkus.

  • bebek purnama asli
  • bebek surabaya

Sekian dulu artikelku kali ini yang membahas tentang salah satu kuliner yang wajib banget untuk kalian coba yakni Bebek Purnama yang asli. Dan setelah seringkali mencoba yang Purnama yang asli dan KW karena memang yang asli juga dekat dengan tempat kerja, aku menyimpulkan bahwa memang rasa bebek dan sambal Purnama yang asli dan KW BEDA..

Food is symbolic of love when words are inadequate..

Alan D. Wolfet



Baca juga : Kata Beach, Pantai Terbaik di Phuket



Bebek Purnama Asli (Tidak Buka Cabang), Dinoyo, Surabaya

Alamat : Jl. Dinoyo, Keputran, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60265 / Google Maps

Penilaian dan Ulasan pergikuliner

Peringkat: 4.5 dari 5.

follow and subscribe my social media :

Read all article aboutFood

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *